Text
TESIS PENGEMBANGAN MATERI AJAR KETERAMPILAN BIPA LEVEL 2 BERMUATAN BUDAYA DAERAH DI INDONESIA BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya minat pelajar asing untuk belajar
bahasa Indonesia. Namun, minat yang tinggi dari pelajar asing berbanding terbalik
dengan materi ajar yang saat ini telah tersedia. Materi ajar yang masih kurang
menjadi kedala dalam pembelajaran BIPA. Keterbatasan kesediaan materi ajar ini
menjadi masalah penting yang dihadapi oleh pengajar BIPA. Oleh karena itu,
pengembangan materi ajar BIPA sangat dibutuhkan.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kebutuhan materi ajar
keterampilan menyimak BIPA level 2. (2) mendeskripsikan desain materi ajar
keterampilan menyimak BIPA level 2 bermuatan budaya daerah dengan
menggunakan media audio visual. (3) memperoleh validitas materi ajar
keterampilan menyimak BIPA level 2 bermuatan budaya daerah yang berbentuk
cetak. (4) memperoleh validitas media audio visual keterampilan menyimak BIPA
level 2 yang bermuatan budaya daerah. (5) memperoleh hasil uji coba terbatas
materi ajar bermuatan budaya daerah berbasis media audio visual terhadap pelajar
BIPA level 2. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini ialah materi ajar
keterampilan menyimak BIPA level 2 dalam bentuk cetak dan audio visual.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan
menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D).
Metodelogi penelitian ini berdasarkan model pengembangan Borg & Gall (2003:
775) serta Sukmadinata (2005: 182-189) yang telah dimodifikasi dengan
menggabungkan kedua model. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) tahap eksplorasi, (2) tahap
pengembangan, dan (3) tahap pengujian. Sebelum melakukan uji coba, produk
divalidasi terlebih dahulu oleh expert judgment.
Hasil validasi expert untuk materi ajar menunjukkan skor rerata 4,39 dengan
kategori ―Sangat Baik‖, sedangkan hasil validasi expert untuk media audio visual
menunjukkan skor rerata 4,6 dengan kategori ―Sangat Baik‖. Uji coba dilakukan
secara terbatas dengan mendapat skor rerata nilai hasil belajar siswa 98,5 dengan
kategori ―Sangat Baik‖. Efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan uji T
test yang menunjukkan adanya perbedaan rerata pada nilai hasil belajar pra-tes
dan post-tes. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi ajar
keterampilan menyimak BIPA level 2 bermuatan budaya daerah Indonesia
berbasis media audio visual layak untuk dikembangkan dan digunakan pada
proses pembelajaran.
Kata kunci: Materi ajar BIPA level 2, Keterampilan Menyimak, Budaya
Tidak tersedia versi lain