Text
TESIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN PjBL BERBASIS MEDIA TEKA-TEKI SILANG ONLINE
Pengembangan model pembelajaran didasari oleh penemuan berbagai hambatan
dalam menulis teks eksplanasi yang dialami oleh peserta didik SMA. Hambatan
tersebut seperti, (1) peserta didik kurang berlatih dan belum terbiasa menulis. (2)
peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan. (3)
peserta didik mengalami kesulitan mengembangkan idenya atau menjabarkan ide
dengan mencakup 5W+1H. (4) peserta didik kurang menguasai pembendaharaan
kata. (5) peserta didik kurang memperhatikan ejaan dan keefektifan kalimat. (6)
peserta didik belum memiliki motivasi menulis yang sepenuhnya.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, (1) bagaimana kebutuhan model
pembelajaran menulis teks eksplanasi pada saat ini, (2) bagaimana pengembangan
model pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan PjBL berbasis media
teka-teki silang online dalam bentuk e-book model pembelajaran, (3) bagaimana
kelayakan model pembelajaran yang dikembangkan, (4) bagaimana kepraktisan
model pembelajaran yang dikembangkan, dan (5) bagaimana keefektifan model
pembelajaran yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang
dikemukakan oleh Sugiyono. Terdapat enam langkah yang digunakan pada
penelitian ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desai produk, validasi
desain, revisi desain, uji coba produk.
Hasil penelitian, (1) berdasarkan angket kebutuhan perlu inovasi model
pembelajaran, (2) produk pada penelitian ini adalah e-book model pembelajaran,
(3) berdasarkan hasil validasi dinyatakan layak dan valid dengan rerata skor 4,73
dari validasi model pembelajaran dan rerata skor 4,28 dari validasi materi
pembelajaran. (4) berdasarkan hasil kepraktisan dinyatakan praktis dengan rerata
skor 4,05 dari persepsi peserta didik dan rerata skor 4,40 dari persepsi guru, (5)
berdasarkan hasil keefektifan dinyatakan efektif dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar
0,000 dan memiliki arti nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha
diterima.
Simpulan dari penelitian ini adalah (1) peserta didik dan guru membutuhkan
inovasi e-book model pembelajaran menulis teks eksplanasi, (2) prototipe e-book
model pembelajaran disusun dengan acuan hasil angket kebutuhan, (3) e-book
model pembelajaran yang dikembangkan layak dan valid, (4) e-book model
pembelajaran yang dikembangkan praktis, dan (5) e-book model pembelajaran yang
dikembangkan efektif untuk digunakan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain