Text
TESIS PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA GASUCAK ( GAMBAR SUSUN ACAK) PADA SISWA KELAS X MA PURWOREJO
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan untuk meningkatkan kemudahan
keterampilan menulis puisi siswa kelas X madrasah aliyah. Kajian ini
mengembangkan pembelajaran menulis puisi menggunakan model inkuiri
terbimbing dengan bantuan media Gasucak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kebutuhan pengembangan pembelajaran keterampilan menulis puisi
menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media Gasucak (gambar susun
acak) pada siswa kelas X MA Purworejo, mendesain produk pengembangan
pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan model inkuiri terbimbing
berbantuan media Gasucak, dan menguji produk pengembangan pembelajaran
keterampilan menulis puisi menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan
media Gasucak pada siswa kelas X MA Purworejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan R & D berdasarkan pakar dari Sugiyono
yang menghasilkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui
wawancara guru. Data kuantitatif didapatkan melalui angket kebutuhan siswa dan
guru. Adapun, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
angket. Subjek penelitian ialah siswa MA kelas X di Purworejo. Kemudian, uji
kelayakan pengembagan ini dilakukan oleh pakar yang memiliki kompetensi di
bidangnya, baik bidang media dan meteri untuk memastikan kualitas dan relevansi
produk, masing-masing mendapatkan skor 88.6% dan 87.5% dengan kriteria sangat
layak. Teknik analisis yang digunakan ialah metode analisis deskriptif
Hasil penelitian ini mendapatkan skor 75% dengan kriteria layak. Ini menunjukkan
bahwa uji coba pengembangan pembelajaran puisi menggunakan model inkuiri
terbimbing berbantuan media Gasucak efektif dalam meningkatkan kemudahan
dalam menulis puisi pada siswa kelas X MA Purworejo. Penggunaan
pengembangan pembelajaran ini berhasil membantu siswa dalam menulis puisi
dengan lebih baik. Oleh karena itu, guru dapat mengadopsi pengembangan ini
sebagai inovasi terbaru dalam pembelajaran menulis puisi. Implementasi penelitian
ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan
keterampilan menulis puisi siswa.
Tidak tersedia versi lain