Text
SKRIPSI ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN TINGGI LIFT DAN DURASI NOKEN AS (CAMSHAFT) TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 230 CC
Salah satu cara meningkatkan performa mesin yang paling mudah adalah melakukan penggantian pada camshaft. Camshaft berfungsi mengatur buka tutup katup, maka dari itu dengan cara merubah tinggi lift dan durasi camshaft dapat
meningkatkan performa. Penggantian yang dilakukan disertai dengan dial camshaft untuk mengetahui titik top camshaft dan durasi serta lift. Untuk mengetahui performa, dilakukan pengujian menggunakan dynotest. Untuk variasi, terdapat 3
variasi, antara lain camshaft awal, camshaft A, dan camshaft B.Untuk camshaft awal, menghasilkan daya sebesar 20,5 hppada putaran 7400 rpm dan torsi maksimal sebesar 21,1 Nm pada putaran 6300 rpm. Fuel consumption camshaft ini untuk putaran 1000 rpm menghasilkan data 400 ml/jam, untukputaran 1500 rpm menghasilkan data 440 ml/jam, dan hasil konsumsi 33,8 km/liter. Untuk camshaft A menghasilkan daya maksimal 24,3 hp pada putaran 8300 rpm dan torsi 21,4 Nm pada putaran 7900 rpm. Fuel consumption putaran 1000rpm 400 ml/jam, putaran 1500 rpm 450 ml/jam, dan konsumsi 32,2 km/liter. Untuk camshaft B, menghasilkan daya maksimal 24,8 hp pada putaran 8302 rpm dan torsi maksimal
sebesar 23,13 Nm pada putaran 6906 rpm. Fuel consumption camshaft B putaran 1000 rpm 350 ml/jam, putaran 1500 rpm 470 ml/jam serta konsumsi 31,7 km/liter. Berdasarkan penelitian, perubahan pada tinggi lift dan durasi camshaft dapat meningkatkan performa mesin.
Kata kunci: camshaft, daya, torsi, fuel consumption.
Tidak tersedia versi lain