Text
SKRIPSI EVALUASI DAN PERENCANAAN TERMINAL KERKHOF KABUPATEN TEMANGGUNG
Terminal merupakan prasarana transportasi yang sangat penting bagi suatu kota untuk mendukung kelancaran dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat. Terminal Kerkhof merupakan terminal Tipe C melayani kendaraan penumpang
umum angkutan desa dan/atau angkutan kota, dengan kondisi terminal yang sepi dari pengunjung serta fasilitas terminal yang mengalami banyak kerusakan dan tidak layak pakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Terminal
Kerkhof dilihat dari evaluasi fasilitas dan kepuasan pengguna terminal, serta memberikan rekomendasi desain layout terbaru untuk menunjang keberlangsungan terminal. Evaluasi fasilitas terminal dilakukan dengan mengetahui kesesuaian
fasilitas Terminal Kerkhof dengan standar terminal tipe C berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2015. Untuk mengetahui kepuasan pengguna layanan terminal menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index), dengan penyebaran kuisioner kepada pengguna terminal.
Hasil dari survei fasilitas terminal menunjukkan bahwa terdapat 18 (delapan belas) fasilitas terminal yang tidak tersedia, 7 (tujuh) fasilitas yang tidak berfungsi secara optimal, dan 7 (tujuh) fasilitas yang sesuai dengan peraturan yang dipakai. Berdasarkan analisis menggunakan metode CSI, hasil ari persepsi pelayanan dan fasilitas terminal masuk dalam kategori “kurang puas†dengan nilai CSI sebesar 36,68%. Hasil tersebut menunjukkan Terminal Kerkhof Tipe C perlu dilakukan
perbaikan dalam penyediaan fasilitas terminal yang memadai serta penataan ulang dengan mengoptimalkan lahan yang tersedia.
Kata kunci : Terminal Kerkhof, fasilitas terminal, CSI (Customer Satisfaction
Index)
Tidak tersedia versi lain