Text
SKRIPSI KAJIAN TINGKAT PELAYANAN TERMINAL TIPE A MENDOLO WONOSOBO
Terminal Tipe A Mendolo mengalami beberapa permasalahan terkait
fasilitas yang masih belum lengkap dan belum memadai berdasarkan pengamatan
di lapangan. Terdapat beberapa fasilitas yang ada namun belum memenuhi standar
dan kurang memadai. Hal-hal tersebut menyebabkan pelayanan di Terminal Tipe A
Mendolo menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan penelitian ini
untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pelayanan dan
kelengkapan fasilitas di Terminal Tipe A Mendolo untuk memaksimalkan
pelayanan terminal.
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kondisi eksisting Terminal
Tipe A Mendolo berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun
2015 dan Bus Service Industry Act 2015. Selanjutnya, dilakukan analisis Internal
Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) untuk menganalisis
tingkat pelayanan di Terminal Tipe A Mendolo Wonosobo.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa fasilitas yang belum
ada dan belum memadai berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40
Tahun 2015 antara lain lajur pejalan kaki, jalur evakuasi, pos kesehatan, petugas
kesehatan, dan sebagainya. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang belum ada
dan belum memadai berdasarkan Bus Service Industry Act 2015 yaitu fasilitas
khusus untuk lansia dan pelatihan supir dalam membantu penumpang cacat maupun
lansia. Hasil analisis IFE dan metode EFE menunjukkan posisi pada kuadran 1,
dengan skor IFE sebesar 3,25 dan skor EFE sebesar 3,14. Posisi Terminal Tipe A
Mendolo pada kuadran matriks Internal-External (IE) adalah posisi tumbuh dan
membangun (growth and build).
Kata Kunci: Kinerja, EFE, IFE, Pelayanan, Terminal Tipe A
7-UN57.U1-STS-II-2025 | SIPIL RAC K 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain