Text
SKRIPSI KAJIAN TINGKAT PELAYANAN TERMINAL TIPE A MENDOLO WONOSOBO
Terminal Tipe A Mendolo mengalami beberapa permasalahan terkait fasilitas yang masih belum lengkap dan belum memadai berdasarkan pengamatan di lapangan. Terdapat beberapa fasilitas yang ada namun belum memenuhi standar
dan kurang memadai. Hal-hal tersebut menyebabkan pelayanan di Terminal Tipe A Mendolo menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan penelitian ini
untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pelayanan dan kelengkapan fasilitas di Terminal Tipe A Mendolo untuk memaksimalkan pelayanan terminal.
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kondisi eksisting Terminal Tipe A Mendolo berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2015 dan Bus Service Industry Act 2015. Selanjutnya, dilakukan analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) untuk menganalisis tingkat pelayanan di Terminal Tipe A Mendolo Wonosobo. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa fasilitas yang belum ada dan belum memadai berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40
Tahun 2015 antara lain lajur pejalan kaki, jalur evakuasi, pos kesehatan, petugas kesehatan, dan sebagainya. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang belum ada dan belum memadai berdasarkan Bus Service Industry Act 2015 yaitu fasilitas khusus untuk lansia dan pelatihan supir dalam membantu penumpang cacat maupun lansia. Hasil analisis IFE dan metode EFE menunjukkan posisi pada kuadran 1,
dengan skor IFE sebesar 3,25 dan skor EFE sebesar 3,14. Posisi Terminal Tipe A Mendolo pada kuadran matriks Internal-External (IE) adalah posisi tumbuh dan membangun (growth and build). Kata Kunci: Kinerja, EFE, IFE, Pelayanan, Terminal Tipe A
Tidak tersedia versi lain