PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

APRIL LIYANTI - Nama Orang;

Literasi sains di Indonesia masih dikatakan belum menggembirakan. Hal tersebut karena pada proses pembelajaran sains masih mengutamakan hafalan
konsep, teori, dan hukum yang tujuannya adalah nilai akhir. Hal tersebut menyebabkan siswa sulit untuk mengaplikasikan pengetahuan pada kehidupan sehai-hari. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 3 Secang diperoleh informasi bahwa kemampuan literasi sains siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa.
Metode dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperiment.Desain penelitian ini yaitu Nonequivalent Countrol Group Design. Desain penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Secang.Teknik pengambilan sampel pada penelitin ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest berbasis literasi sains yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, kemudian
dilanjutkan dengan uji hipotesis. Selanjutnya dilakukan uji ngain untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil literasi sains siswa yang menggunakan model pembelajaraninkuiri terbimbing berbasis STEM dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Peningkatan hasil literasi sains siswa dapat dilihat dari uji N-Gain yaitu sebesar 0,61 yang berkategori sedang. Adanya perbedaan kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa. Kesimpulan dari penelitian ini, model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA LIY P 2025
1-UN57.U1-SI-II-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LIY P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
VIII;144 HAL; 29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I , BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?