Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) BERBANTUAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP "
Menghadapi Reformasi sains, siswa harus memiliki keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis. Keterampilan kolaborasi berpengaruh secara signifikan terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil observasi pada kelas VII di SMP Windusari diperoleh bahwa keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis siswa rendah. Mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran GI berbasis SETS untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis IPA siswa SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran GI berbasis pendekatan SETS untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir
kritis siswa. Selain itu peneliti ingin mengetahuo hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
quasi eksperimen. Rancangan desain yang digunakan dalampenelitian ini yaitu the nonequivalent pretest-posttest group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji t pada keterampilan kolaborasi mendapat nilai 0,001 < 0,05, sedangkan uji gain mendapat nilai 0,63 untuk kelas eksperimen dan
0,34 untuk kelas kontrol. Hasil uji t pada keterampilan berpikirkritis mendapat nilai 0,000
< 0,05, sedangkan uji gain mendapat nilai 0,46 untuk kelaseksperimen dan 0,18 untuk
kelas kontrol. Hasil uji regresi yang diperoleh yaitu 0,004.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran GI dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dan
berpikir kritis yang dibuktikan pada hasil uji independent sample t-test dan adanya perbedaan peningkatan pada uji N-Gain, dimana pada kelas eksperimen memiliki nilai
lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, adanya hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis.
Tidak tersedia versi lain