PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) BERBANTUAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP "

QONITA AMELIA SALSABILA - Nama Orang;

Menghadapi Reformasi sains, siswa harus memiliki keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis. Keterampilan kolaborasi berpengaruh secara signifikan terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil observasi pada kelas VII di SMP Windusari diperoleh bahwa keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis siswa rendah. Mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran GI berbasis SETS untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis IPA siswa SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran GI berbasis pendekatan SETS untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir
kritis siswa. Selain itu peneliti ingin mengetahuo hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
quasi eksperimen. Rancangan desain yang digunakan dalampenelitian ini yaitu the nonequivalent pretest-posttest group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji t pada keterampilan kolaborasi mendapat nilai 0,001 < 0,05, sedangkan uji gain mendapat nilai 0,63 untuk kelas eksperimen dan
0,34 untuk kelas kontrol. Hasil uji t pada keterampilan berpikirkritis mendapat nilai 0,000
< 0,05, sedangkan uji gain mendapat nilai 0,46 untuk kelaseksperimen dan 0,18 untuk
kelas kontrol. Hasil uji regresi yang diperoleh yaitu 0,004.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran GI dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dan
berpikir kritis yang dibuktikan pada hasil uji independent sample t-test dan adanya perbedaan peningkatan pada uji N-Gain, dimana pada kelas eksperimen memiliki nilai
lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, adanya hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA SAL K 2025
3-UN57.U1-S1-II-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SAL K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?