Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI SISWA SMP
Pembelajaran IPA sangat dekat dengan proses pemecahan masalah yang memerlukan pengembangan keterampilan berpikir, menemukan ide serta kemampuan untuk bekerja sama dalam tim. Keterampilan berpikir kreatif perlu dikembangkan untuk melatih keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan terutama dalam pembelajaran IPA. Dalam memecahkan masalah peserta didik memerlukan kerja sama tim dengan berkolaborasi secara efektif dan kreatif bersama guru maupun dengan siswa lainnya. Beberapa penelitian menyebutkan upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa dapat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw IV. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IVuntuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa serta mengetahui hubungan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain penelitian nounequivalent control group design.
Penelitian menetapkan dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dengan penerapan model Jigsaw IV dan kelas kontrol dengan penerapan model STAD. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dan lembar observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif
diperoleh bahwa rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,34 dengan kriteria peningkatan sedang, dan pada kelas kontrol rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,18 dengan kriteria rendah. Sementara hasil analisis data keterampilan kolaorasi
berdasarkan uji independent t test dan uji mann whithneydiperoleh nilai signifikansi < 0.05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji
spearman diperoleh sig.2-tailed < 0,05 dengan koefisienkorelasi sebesar 1.000. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan
keterampilan kolaborasi siswa. Selain itu, terdapat hubungan yang positif antara keterampilan berpikir kreatif dengan keterampilan kolaborasi pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV.
Tidak tersedia versi lain