Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
              Kemampuan literasi matematis sangat penting bagi siswa dan membantu 
mereka dalam praktik penyelesaian masalah kehidupan. Kemampuan literasi 
matematika siswa di SMP Negeri 5 Magelang tergolong rendah dengan rata-rata 
kemampuan awal yaitu 38,4. Sehingga perlu dikembangkan solusi yang dapat 
memperbaiki kemampuan ini. Salah satu pendekatannya dengan menerapkan 
model Challenge Based Learning (CBL). 
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model CBL dibanding 
model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi matematika siswa, 
serta ketuntasan siswa dengan model CBL dan model pembelajaran langsung 
terhadap kemampuan literasi matematis. 
Penelitian ini menggunakan pre-test post-test nonequivalent control group 
dengan metode quasi experimental design. Kelas eksperimen 30 siswa adalah kelas 
IX D, dan kelas kontrol 29 siswa adalah kelas IX E. Kelas-kelas tersebut dipilih 
menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data 
meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes meliputi pre-test dan post
test. 
Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan akhir. Analisis data awal 
terdiri dari uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan diakhiri 
dengan uji independent sample t-test untuk mengetahui kesamaan rata-rata kedua 
kelas. Analisis data akhir meliputi uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji 
homogenitas serta uji hipotesis. Uji hipotesis terdiri dari uji hipotesis 1, uji hipotesis 
2, dan uji hipotesis 3. Uji hipotesis 1 dan 2 dengan uji proporsi yaitu uji Z, 
sedangkan uji hipotesis 3 dengan uji independent sample t-test.            
Tidak tersedia versi lain