PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

RIBCHATUL MUSTAFIDAH - Nama Orang;

Kemampuan literasi matematis sangat penting bagi siswa dan membantu
mereka dalam praktik penyelesaian masalah kehidupan. Kemampuan literasi
matematika siswa di SMP Negeri 5 Magelang tergolong rendah dengan rata-rata
kemampuan awal yaitu 38,4. Sehingga perlu dikembangkan solusi yang dapat
memperbaiki kemampuan ini. Salah satu pendekatannya dengan menerapkan
model Challenge Based Learning (CBL).
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model CBL dibanding
model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi matematika siswa,
serta ketuntasan siswa dengan model CBL dan model pembelajaran langsung
terhadap kemampuan literasi matematis.
Penelitian ini menggunakan pre-test post-test nonequivalent control group
dengan metode quasi experimental design. Kelas eksperimen 30 siswa adalah kelas
IX D, dan kelas kontrol 29 siswa adalah kelas IX E. Kelas-kelas tersebut dipilih
menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes meliputi pre-test dan post
test.
Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan akhir. Analisis data awal
terdiri dari uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan diakhiri
dengan uji independent sample t-test untuk mengetahui kesamaan rata-rata kedua
kelas. Analisis data akhir meliputi uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji
homogenitas serta uji hipotesis. Uji hipotesis terdiri dari uji hipotesis 1, uji hipotesis
2, dan uji hipotesis 3. Uji hipotesis 1 dan 2 dengan uji proporsi yaitu uji Z,
sedangkan uji hipotesis 3 dengan uji independent sample t-test.


Ketersediaan
3-UN57.U1-SPM-II-2025MATEMATIKA MUS E 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA MUS E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik