Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP
Kemampuan yang harus dimiliki pada era abad 21 ini yakni kemampuan literasi
matematis. Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan individu dalam
memahami, menerapkan dan mengomunikasikan matematika yang ada di kehidupan
nyata. Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pringsurat termasuk dalam
kategori rendah didasarkan hasil tes awal kemampuan literasi matematis. Hasil
observasi menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran menyebabkan
kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar. Untuk itu diperlukan suatu model
pembelajaran guna mengembangkan kemampuan literasi matematis, salah salah
satunya yakni model pembelajaran SAVI berbantuan flashcard.
Tujuan penelitian dimaksudkan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan
literasi matematis siswa yang diajar dengan model SAVI berbantuan flashcard secara
klasikal. Selain itu, penelitian bertujuan menganalisis ketuntasan kemampuan literasi
matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung secara klasikal.
Selanjutnya, penelitian ini juga menganalisis kemampuan literasi matematis siswa
yang diajar dengan model SAVI berbantuan flashcard dibandingkan siswa yang diajar
dengan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa quasi
experiment dengan bentuk posttest only control group design. Pengambilan dua kelas
yaitu kelas VIII F dan kelas VIII G sebagai sampel dilakukan secara acak melalui
teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara,
lembar validasi, lembar observasi, dan tes kemampuan literasi matematis. Teknik
pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes kemampuan literasi
matematis, serta dokumentasi. Analisis data meliputi analisis data awal dan analisis
hasil posttest.
5-UN57.U1-SPM-II-2025 | MATEMATIKA BEL P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain