PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PEGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP MOTVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

GHINA TSALATSATUNNISA’ - Nama Orang;

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya proses
pembelajaran biologi karena motivasi belajar peserta diidk belum optimal dan
hasil belajar kognitif peserta diidk yang tergolong masih rendah. Salah satu
penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah penggunaan model Teacher
Centered Learning (TCL). Hal ini dibuktikan dengan peserta didik yang masih
sering merasa bosan, melamun, dan tidak memperhatikan guru. Selain itu
berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru SMA N 5 Purworejo
pada bulan oktober tahun 2023/2024 diketahui bahwa dari 34 peserta didik, hanya
30% atau 10 peserta didik yang mencapai KKTP (Kriteria Keterlaksanaan Tujuan
Pembelajaran), dan sisanya sebanyak 24 peserta didik masih belm memenhi
KKTP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning (PBL) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap motivasi
dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode
yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent Control
Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA N 5 Purworejo dengan subjek
penelitian kelas X dengan sampel kelas X6 sebagai kelas kontrol dan X7 sebagai
kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan Purposive
sampling. Teknik analisis data yang digunakanyaitu uji ancova. Bedasarkan hasil
penelitian, dengan diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) dengan
pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berpengaruh terhadap motivasi belajar
peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji ancova yang memperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,006 (


Ketersediaan
1-UN57.U1-SPB-II-2025BIOLOGI TSA P 2025My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI TSA P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
xiii;151 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik