PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM BERBANTUAN UNOBIOLOGY CARD BERBASIS QR CODTERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADAMATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NIKEN SAFITRI - Nama Orang;

Hasil belajar yakni kemampuan yang didapat peserta didik sesudah
menerima tahapan pembelajaran dari guru. Berdasarkan observasi yang telah
dijalankan di SMA Negeri 1 Grabag, peneliti menemukan permasalahan selama
pembelajaran di kelas yaitu beberapa siswa masih belum terlibat aktif pada saat
pembelajaran, respon siswa saat pembelajaran yang masih rendah, nilai ulangan
harian siswa masih dibawah KKTP, guru masih menggunakan model ceramah, dan
media pembelajaran yang masih terbatas. Materi perubahan lingkungan yang
memiliki cakupan materi yang luas. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk
menganalisis pengaruh pemakaian model pembelajaran quiz team berbantuan
unobiology card berbasis QR Code pada hasil belajar kognitif peserta didik dalam
materi perubahan lingkungan.
Metode yang dipakai pada penelitian ini yakni penelitian kuantitatif. Model
penelitian eksperimen dengan desain non equivalent pre-test and post-test control
design. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang mengikutsertakan dua
kelas yakni kelas kontrol serta kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
yakni kelas X, dengan sampel kelas X1 dan X3. Teknik pengambilan sampel yakni
memakai cluster random sampling.
Dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat serta uji hipotesis. Uji
prasyarat menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji linear. Didapatkan
hasil bahwa data berdistribusi normal, linear, dan homogen. Uji hipotesis data
menggunakan uji Ancova karena data yang dihasilkan berdistribusi normal, linear,
serta homogen dengan nilai sig > 0,05. Uji hipotesis hasil belajar kognitif didapat
nilai signifikasi 0.000 yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar kognitif pada
kelas kontrol serta kelas eksperimen.
Mengacu pada hasil tersebut maka hasil belajar kognitif siswa pada
pembelajaran Biologi di kelas X menunjukkan adanya perbedaan nilai tes pada
kelas kontrol serta kelas eksperimen dalam materi perubahan lingkungan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai signifikasi (2-tailed) 0.000 < 0,05 maka dengan
demikian bisa dikatakan bila H0 ditolak H1 diterima, yang berarti ada pengaruh
hasil nilai tes hasil belajar kognitif pada kelas kontrol serta kelas eksperimen materi
perubahan lingkungan.


Ketersediaan
5-N57.U1-SPB-II-2025BIOLOGI SAF P 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI SAF P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
xiii; 134 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I , BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik