Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN APLIKASI POCKET BIOLOGY SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GENETIKA KELAS XII SMA
Kata kunci : Pocket Biology, Multimedia, Genetika, ADDIE, Aplikasi Seluler.
Pendidikan di Indonesia didukung kurikulum yang terus berkembang, termasuk Kurikulum Merdeka yang membutuhkan media pembelajaran inovatif untuk mendorong peserta didik berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Dalam pelajaran biologi, materi genetika dianggap sulit karena sifatnya yang kompleks dan abstrak, sehingga peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memahaminya. Pocket Biology dirancang untuk mengatasi tantangan ini dengan memberikan akses ke materi yang fleksibel melalui perangkat smartphone, yang umumnya dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Pocket Biology sebagai multimedia pembelajaran yang efektif pada materi genetika untuk kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) untuk menghasilkan produk aplikasi yang praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Pada tahap analisis, dilakukan observasi dan wawancara kepada guru serta distribusi angket kepada peserta didik di SMAN 1 Mertoyudan untuk mengidentifikasi kebutuhan terhadap media pembelajaran yang inovatif. Hasilnya menunjukkan bahwa 91,3% peserta didik merasa perlu adanya aplikasi yang fleksibel dan inovatif untuk membantu mereka menguasai materi genetika. Selanjutnya, tahap desain mencakup perancangan media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan bantuan Android Studio dan Canva. Produk yang dikembangkan terdiri dari berbagai fitur seperti petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran, materi, fitur tanya AI, dan evaluasi soal dengan integrasi Google Form. Tahap pengembangan melibatkan pembuatan aplikasi, validasi ahli materi dan media, serta revisi berdasarkan masukan validator. Aplikasi ini berhasil divalidasi dengan kategori sangat valid dari ahli materi dengan persentase 86,42%, dan valid dari ahli media dengan persentase 76,93%. Implementasi dilakukan dengan uji coba produk kepada guru dan peserta didik di SMAN 1 Mertoyudan. Hasil respon dari guru menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat baik dengan persentase rata-rata 94,88%, sementara respon peserta didik menunjukkan nilai rata-rata 88,94%, yang juga masuk dalam kategori sangat baik. Evaluasi dilakukan di setiap tahap pengembangan untuk memastikan kualitas produk. Secara keseluruhan, aplikasi Pocket Biology dianggap layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami materi
14-UN57.U1-SPB-II-2025 | BIOLOGI AYU P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain