Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Kata Kunci : e-modul, keterampilan berpikir kritis, problem based learning
Proses pembelajaran yang diterapkan dalam satuan pendidikan menjadi upaya untuk mengembangkan keterampilan siswa. Salah satu keterampilan dalam persiapan menghadapi abad ke-21 pada ilmu pengetahuan yaitu keterampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Permasalahan terkait berpikir kritis di SMA Negeri 2 Grabag dapat terjadi karena beberapa hal terkait bahan ajar dan penggunaan model pembelajaran oleh guru. Siswa ketika pembelajaran di kelas berpedoman pada buku paket yang masih terbatas dan kurang memuat aktivitas dalam mendorong keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan e-modul berbasis problem based learning (PBL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul berbasis problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang diimplementasikan dengan desain penelitian quasi eksperimen menggunakan model pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian adalah 35 siswa kelas X8 sebagai kelas kontrol dan kelas X6 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kelayakan e-modul berbasis PBL secara keseluruhan layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi media 85,1% yang dikategorikan sangat layak serta penilaian hasil validasi materi oleh ahli 72% dengan kategori layak. Selanjutnya, hasil uji t memperoleh p-value 0,000025 artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara siswa yang menggunakan e-modul dengan tidak menggunkan e-modul sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini juga didukung dari hasil uji N- gain kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebesar 0,33 dan 0,42 sehingga termasuk kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu e-modul berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati layak digunakan dan dapat berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 2 Grabag.
15-UN57.U1-SPB-II-2025 | BIOLOGI RAH P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain