Text
SKRIPSI ANALISIS KOMPETENSI TPACK (TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE) DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA GURU BIOLOGI DI SMA KOTA MAGELANG
Di era modern ini, dunia pendidikan menghadapi tantangan besar dalam
mengimplementasikan proses pembelajaran yang efektif dan relevan dengan
perkembangan zaman. Salah satu tantangan utama adalah penerapan teknologi,
pedagogi, dan konten secara terpadu dalam kerangka kerja TPACK. Namun,
berdasarkan observasi, masih terdapat beberapa sekolah yang belum sepenuhnya
menerapkan pendekatan ini. Selain itu, tingkat kesiapan dan kemampuan setiap
sekolah dalam mengadopsi dan mengintegrasikan dengan TPACK juga bervariasi,
bergantung pada faktor-faktor seperti sumber daya, kompetensi guru, serta
dukungan institusi.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan dan
kesulitan guru biologi menerapkan kompetensi TPACK dalam menyusun perangkat
pembelajaran di SMA Kota Magelang. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan
menggunakan metode purposive sampling yaitu penentuan data berdasarkan
pertimbangan yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMA yang berada di wilayah
Kota Magelang dengan sampel sekolah terdiri dari 1 SMA Negeri dan 1 SMA
Swasta di setiap kecamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian meliputi observasi, wawancara, dan pengisian angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa berdasarkan hasil angket diketahui skor menunjukkan rata
rata 74,2% sehingga tingkatan guru biologi berdasarkan kriterian penskoran
Arikunto (2009) termasuk dalam kategori “Layak”. Layak diartikan bahwa hampir
semua guru sudah menerapkan aspek TPACK yang mana guru mampu
memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran. Meskipun hasil yang
didapatkan dalam penerapan kompetensi TPACK guru dalam kategori layak, tetapi
masih ada beberapa sekolah yang masih mendapatkan skor rendah. Nilai rata-rata
skor angket terendah terdapat pada aspek Pedagogical Knowledge (PK) guru dalam
menyusun perangkat pembelajaran yaitu sebesar 68.8%. Faktor-faktor yang
menyebabkan kesulitan bagi guru biologi dalam menerapkan kompetensi TPACK
di SMA wilayah Kota Magelang yaitu: (1) minimnya pengetahuan guru terhadap
penerapan kompetensi TPACK, (2) penerapan yang belum menyeluruh mengenai
kompetensi TPACK, (3) keterbatasan waktu, (4) materi yang terlalu banyak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tingkat penerapan kompetensi TPACK
oleh guru biologi di SMA wilayah Kota Magelang berada dalam kategori “Layak.”
Hal ini didukung oleh berbagai faktor yang mendasari penerapan kompetensi
TPACK, khususnya dalam konteks pembelajaran biologi.
12-UN57.U1-SPB-II-2025 | BIOLOGI AGU A 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain