PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN KAKU PADA BANDAR UDARA DHOHO DENGAN METODE FAA DAN DMG 27

ILYA ILMA NUR NAZILAH - Nama Orang;

Bandara Dhoho merupakan salah satu bandara baru yang terletak di Kediri, Jawa Timur. Sebagai bandara baru memerlukan desain perkerasan runway yang optimal untuk menunjang aktivitas penerbangan. Sehingga, runway diharapkan mampu menopang beban pesawat yang bervariasi dan frekuensi penerbangan yang semakin meningkat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hasil perbandingan tebal total dan tebal setiap lapisan perkerasan lentur dan kaku pada runway Bandara Dhoho.
Penelitian dilakukan analisis menggunakan metode Federal Aviation Administration (FAA) dan Design & Maintenance Guide 27 (DMG 27). Data sekunder yang dibutuhkan yaitu nilai CBR subgrade dan subbase, annual departure pesawat, karakteristik pesawat, mutu beton, dan umur rencana runway 20 tahun.
Hasil penelitian untuk metode FAA menghasilkan total tebal perkerasan lentur sebesar 1322 mm, dengan tebal lapisan surface 102 mm, base course 544 mm, dan subbase course 676 mm. Metode DMG 27 tipe HSBBM menghasilkan total tebal perkerasan lentur sebesar 515 mm dan untuk tipe BBM sebesar 635 mm. Tebal perkerasan kaku, metode FAA total tebal 824 mm dengan tebal slab beton 608 mm dan subbase course 216 mm, sementara metode DMG 27 menghasilkan total tebal 650 mm dengan slab beton 450 mm dan subbase course 200 mm. Hasil analisis perbandingan menunjukkan metode FAA cenderung memberikan desain perkerasan lentur maupun kaku yang lebih tebal dibandingkan metode DMG 27, karena dalam penggunaan material metode DMG 27 lebih mengutamakan karakteristik dan kualitas material yang lebih unggul, sehingga tebalnya lebih tipis.
Kata kunci : Runway, Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, FAA, DMG 27.


Ketersediaan
9-UN57.U1-STS-II-2025SIPIL NAZ A 2025Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SIPIL NAZ A 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XXI;118HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
624
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_SIPIL
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik