PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI ANALISIS PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR RUNWAY BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

ROTSA YUNIDA - Nama Orang;

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang adalah bandara kategori large hub. Sehingga untuk mendukung fungsi bandara tersebut perlu adanya perencanaan infrastruktur yang matang untuk memastikan operasional pesawat yang aman dan efisien. Runway adalah infrastruktur penting dalam keberhasilan operasi lepas landas dan pendaratan pesawat. Runway bandara umumnya menggunakan jenis perkerasan lentur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan tebal perkerasan lentur runway menggunakan beberapa metode di Bandara Jenderal Ahmad Yani.
Metode perhitungan tebal perkerasan lentur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode CBR, FAA, LCN dan DMG 27. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data nilai CBR subgrade 6%, CBR subbase 20%, data karakteristik pesawat dan data lalu lintas pesawat campuran dengan umur rencana 20 tahun, dimulai dari tahun 2026 sampai tahun 2045.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan metode FAA menghasilkan tebal terbesar (864 mm), diikuti metode LCN (792 mm) dan CBR (660 mm). Metode FAA lebih tebal karena mempertimbangkan repetisi beban dan lalu lintas selain pesawat rencana, sedangkan LCN dan CBR tidak. Sementara itu, metode DMG 27 menghasilkan tebal paling tipis, dengan tipe HSBBM 550 mm dan tipe BBM 625 mm, karena batas minimum lapisan base yang lebih kecil dan pemilihan material subbase berkualitas tinggi.Sehingga rasio ketebalan terhadap metode DMG 27 (HSBBM) adalah 1,0 sebagai acuan, dengan hasil untuk metode DMG 27 (HSBBM) : DMG 27 (BBM) : CBR : LCN : FAA adalah 1,0 : 1,14 : 1,2 : 1,44 : 1,57.
Kata kunci: Runway, CBR, FAA, LCN, DMG 27


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) SIPIL YUN A 2025
10-UN57.U1-STS-II-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SIPIL YUN A 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;93HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
624
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_SIPIL
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?