PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PERBANDINGAN PENGARUH METODE FOUR SQUARE WRITING (FSW) DAN METODE FREE WRITING BERBANTUAN MEDIA LOLLIPOP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 MAGELANG

FIFIT SHELLY MARITA SARI PUTRI - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kemampuan menulis teks cerita
fantasi pada peserta didik yang masih rendah. Peserta didik kesulitan menemukan ide
dan mengembangkannya. Hal ini terjadi karena guru belum menerapkan metode dan
media belajar yang tepat untuk pembelajaran menulis.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) membuktikan perbedaan signifikan pada
kemampuan menulis teks cerita fantasi pada peserta didik sebelum dan setelah
menggunakan metode Four Square Writing (FSW) berbantuan media Lollipop, (2)
membuktikan perbedaan signifikan pada kemampuan menulis teks cerita fantasi pada
peserta didik sebelum dan setelah menggunakan metode Free Writing berbantuan
media Lollipop, (3) membandingkan pengaruh metode Four Square Writing (FSW)
dengan metode Free Writing berbantuan media Lollipop terhadap kemampuan
menulis cerita fantasi peserta didik, (4) mendeskripsikan perbedaan kemampuan
menulis cerita fantasi peserta didik yang menggunakan metode Four Square Writing
(FSW) dan metode Free Writing berbantuan media Lolipop.
Metode penelitian menggunakan Nonequivalent Multiple Group Pretest – Posttest
Design. Populasi penelitian ini adalah kemampuan menulis cerita fantasi peserta didik
kelas VII SMP Negeri 12 Magelang yang berjumlah 189 peserta didik. Penelitian ini
mengambil sampel kemampuan menulis cerita fantasi sejumlah 63 peserta didik
dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes esai.
Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada
kemampuan peserta didik menggunakan metode Four Square Writing (FSW)
berbantuan media Lollipop dibuktikan dengan hasil uji paired sampel test dengan nilai
signifikansi 0.000 < 0,05. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan
peserta didik menggunakan metode Free Writing berbantuan media Lollipop
dibuktikan pada hasil uji paired sampel test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3)
terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari kedua metode dibuktikan
menggunakan uji independen sampel test dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05.
Perbedaan pada peningkatan nilai rata-rata, pada kelas yang menggunakan metode
Four Square Writing (FSW) mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 16,31
sedangkan pada kelas yang menggunakan metode Free Writing mengalami
peningkatan sebesar 10,05. (4) terdapat perbedaan pada kemampuan menulis teks
x
fantasi peserta didik yang menggunakan metode Four Square Writing dan metode Free
Writing dilihat dari aspek ide, organisasi isi, kosakata, penggunaan bahasa, mekanik
dan kerapian. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Four
Square Writing (FSW) lebih berpengaruh dibandingkan dengan metode Free Writing
untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi.


Ketersediaan
7-UN57.U1-SIN-II-2025INDONESIA PUT P 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA PUT P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
xii;178 hlm;29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik