Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING DENGAN DEEP LEARNING PADA CHATBOT UKT (UANG KULIAH TUNGGAL) KAMPUS
Penerapan chatbot dalam sistem layanan akademik khususnya di kampus atau universitas dapat membantu mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan informasi tambahan salah satunya terkait UKT maupun biaya kuliah secara tepat. Chatbot juga mampu mengatasi keterbatasan yang dialami oleh Tata Usaha Fakultas Teknik (TU FT) Universitas Tidar, seperti human delay dalam merespons email atau live chatting, keterbatasan jam layanan (office hour), serta informasi yang terbatas di website kampus. Penelitian ini merancang chatbot Bahasa Indonesia menggunakan metode Natural Language Processing (NLP) dan algoritma Deep Learning yaitu Bidirectional Long Short-Term Memory (BiLSTM). Tujuan dari perancangan sistem ini, yaitu mampu menggantikan peran admin dalam merespons pertanyaan mahasiswa, kemudian chatbot diharapkan mampu mengklasifikasikan teks percakapan secara lebih baik, dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna dengan metode Customer Satisfaction Score (CSAT). Chatbot diintegrasikan ke dalam Bot Telegram untuk memudahkan akses dan memberikan keleluasaan bertanya bagi mahasiswa. Hasil dari penelitian menunjukkan performa akurasi sebesar 96.05% dengan tingkat kepuasan pengguna rata-rata berada di range 4 (Puas) dan 5 (Sangat Puas).
Kata Kunci: Artificial Intelligence (AI), Chatbot, Natural Language Processing (NLP), Bidirectional Long Short-Term Memory (BiLSTM), Customer Satisfaction Score (CSAT)
22-UN57.U1-STE-III-2025 | ELEKTRO EVI I 2025 | Ruang Skripsi (ELEKTRO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain