Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC FLIPBOOK MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAGELANG
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah media pembelajaran yang
digunakan guru kurang bervariasi karena terbatas menggunakan buku paket biologi
dan LKPD sehingga menyebabkan hasil belajar kognitif peserta didik kurang
optimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan media
pembelajaran berupa e-flipbook materi sistem ekskresi dan menganalisis
pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI. Penelitian ini
menggunakan model 4D yang terbatas pada tahap define, design, dan develop.
penelitian dan pengembangan (R&D), sampel yang digunakan adalah kelas XI-1.
Penelitian ini menggunakan instrumen berupa: lembar validasi ahli media dan
materi, dan soal pretest post-test.
Hasil penelitian ini adalah: 1) hasil rata-rata validasi ahli media mendapatkan
persentase skor sebesar 91% yang asuk ke dalam kriteria sangat layak, sedangkan
rata-rata skor validasi pada ahli materi mendapatkan persentase sebesar 77% yang
masuk ke dalam kriteria layak. 2) hasil uji N-Gain yang dilakukan pada kelas
eksperimen menunjukkan peserta didik mengalami peningkatan terhadap hasil
belajar kognitif dengan nilai 0,582 berkategori sedang. Didukung dengan hasil
anacova dengan signifikan sebesar 0,01 yang menunjukkan perbedaan pada hasil
belajar akibat penggunaan e-flipbook pada hasil belajar kognitif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-flipbook materi
sistem ekskresi berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan skor sebesar
91% dengan kategori sangat layak sedangkan berdasarkan ahli materi mendapatkan
skor 77% dengan kategori layak. Media E-flipbook pada hasil belajar kognitif
memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI karena
memilki nilai N-Gain sebesar 0,582 yang artinya setelah peserta didik meggunakan
e-flipbook yang dikembangkan, hasil belajar kognitif peserta didik mengalami
kenaikan dengan kategori sedang, dikarenakan e-flipbook dapat meningkatkan
minat dan mendorong peserta didik guna belajar, memahami, dan menciptakan
kondisi pembelajaran yang lebih menyenangkan.
18-UN57.U1-SPB-II-2025 | BIOLOGI AUL E 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain