Text
SKRIPSI PENGARUH VARIASI JARAK NOZZLE DALAM PROSES SANDBLASTING TERHADAP HASIL LAPISAN POWDER COATING PADA MATERIAL KOMPONEN OTOMOTIF
Material knalpot seringkali terpapar pada kondisi ekstrem, seperti suhu tinggi dan
lingkungan yang korosif. Oleh karena itu, permukaan material harus dipersiapkan
dengan baik untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja. Sandblasting merupakan
metode pembersihan atau persiapan permukaan material menggunakan partikel
abrasif yang ditembakkan dengan tekanan tinggi melalui nozzle. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi jarak sandblasting terhadap
kekasaran permukaan, ketebalan lapisan coating, dan nilai laju korosi pada material
knalpot motor. Metode eksperimen digunakan dengan variasi jarak sandblasting
adalah 50 mm, 100 cm, dan 150 mm serta tekanan yang konstan. Menurut hasil
penelitian, semakin dekat jarak sandblasting, semakin tinggi nilai kekasaran dan
ketebalan lapisan coating yang dihasilkan akibat tumbukan partikel abrasif. Pada
penelitian ini, hasil tertinggi muncul pada variasi jarak 50 mm dengan nilai
kekasaran permukaan sebesar 3,294 μm dan ketebalan coating sebesar 29.206 μm,
sedangkan nilai terendah muncul pada variasi jarak 150 mm dengan nilai kekasaran
permukaan sebesar 1,239 μm dan ketebalan coating sebesar 12.051 μm. Sedangkan
pada uji laju korosi nilai terendah pada variasi jarak 100 mm dengan nilai sebesar
0,00014234 mmpy.
24-UN57.U1-STM-III-2025 | MESIN YUL P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain