Text
SKRIPSI PENGARUH VARIASI KUAT ARUS PENGELASAN MIG TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO PADA TIANG UTAMA RANGKA BUS
              Pada perancangan bus dibutuhkan rangka yang menopang semua beban kendaraan, 
terutama pada bagian tiang utama rangka bus. Untuk menyambung tiap rangkanya 
dibutuhkan pengelasan yang kuat dan bagus. Pengelasan Metal Innert Gas (MIG) 
menjadi pilihan dalam pengelasan tiang utama bus. Tujuan dari penelitian ini 
mengetahui pengaruh kuat arus terhadap sifat mekanik dan struktur mikro pada 
material tiang utama bus. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental. Alat 
yang digunakan las MIG dengan tipe FP60-100 E, menggunakan elektroda yaitu 
Roll ER70S-6 dengan diameter 0,8 mm, kuat arus yang digunakan yaitu 100 A, 110 
A, dan 120 A. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuat arus mempengaruhi sifat 
dari material. Hasil pengujian vickers menunjukan nilai kekerasan tertinggi pada 
kuat arus 120 A dengan nilai pada daerah base metal 197,58 VHN, daerah weld 
metal 299,04 VHN, dan daerah HAZ 399,56 VHN. Pada pengujian tarik nilai 
tegangan dan regangan tertinggi pada kuat arus 110 A dengan nilai tegangan sebesar 
352,67 MPa dan nilai regangan sebesar 0,312. Sedangkan pada nilai modulus 
elastisitas paling besar pada kuat arus 120 A dengan nilai 4.563,79 MPa. Perubahan 
struktur mikro yang siginifikan terjadi pada kuat arus 120 A pada daaerah HAZ 
dengan adanya fasa ferrite dan perlite dan didominasi oleh fasa perlite. Hal ini 
terjadi, karena semakin tinggi heat input dan kuat aru            
Tidak tersedia versi lain