Text
SKRIPSI PENGARUH VARIASI KUAT ARUS PENGELASAN MIG TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO PADA TIANG UTAMA RANGKA BUS
Pada perancangan bus dibutuhkan rangka yang menopang semua beban kendaraan,
terutama pada bagian tiang utama rangka bus. Untuk menyambung tiap rangkanya
dibutuhkan pengelasan yang kuat dan bagus. Pengelasan Metal Innert Gas (MIG)
menjadi pilihan dalam pengelasan tiang utama bus. Tujuan dari penelitian ini
mengetahui pengaruh kuat arus terhadap sifat mekanik dan struktur mikro pada
material tiang utama bus. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental. Alat
yang digunakan las MIG dengan tipe FP60-100 E, menggunakan elektroda yaitu
Roll ER70S-6 dengan diameter 0,8 mm, kuat arus yang digunakan yaitu 100 A, 110
A, dan 120 A. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuat arus mempengaruhi sifat
dari material. Hasil pengujian vickers menunjukan nilai kekerasan tertinggi pada
kuat arus 120 A dengan nilai pada daerah base metal 197,58 VHN, daerah weld
metal 299,04 VHN, dan daerah HAZ 399,56 VHN. Pada pengujian tarik nilai
tegangan dan regangan tertinggi pada kuat arus 110 A dengan nilai tegangan sebesar
352,67 MPa dan nilai regangan sebesar 0,312. Sedangkan pada nilai modulus
elastisitas paling besar pada kuat arus 120 A dengan nilai 4.563,79 MPa. Perubahan
struktur mikro yang siginifikan terjadi pada kuat arus 120 A pada daaerah HAZ
dengan adanya fasa ferrite dan perlite dan didominasi oleh fasa perlite. Hal ini
terjadi, karena semakin tinggi heat input dan kuat aru
26-UN57.U1-STM-III-2025 | MESIN WIB P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain