PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERDASARKAN VARIABEL DEMOGRAFI GENDER

ZAKY ZAKARIA - Nama Orang;

Aktivitas ilmiah seperti berkomunikasi merupakan kemampuan esensial di abad
21. Argumentasi ilmiah menjadi bagian dari berkomunikasi dan sebagai dasar siswa
bertindak melalui serangkaian proses ilmiah sehingga diperoleh suatu kesimpulan
valid berdasarkan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan
kemampuan argumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran ADI pada aspek
kelengkapan organ, keilmiahan dan argumentasi ilmiah berdasarkan variabel
demografi gender. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan desain pretest-postest
experimental group design. Analisis data dilakukan yaitu uji Mann-Whitney, dan N
Gain. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas VIII SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid
kemudian melalui teknik purposive sampling, diperoleh dua kelas yaitu VIII D (kelas
eksperimen 1 jenis kelamin laki-laki) dan VIII H (kelas eksperimen 2 jenis kelamin
perempuan).
Hasil menunjukkan model ADI secara efektif mampu meningkatkan kemampuan
argumentasi siswa pada kedua kelas. Hal ini pada uji N-Gain aspek kelengkapan
organ pada kelas eksperimen 1 yaitu 0,70 kategori sedang dan kelas eksperimen 2
yaitu 0,93 kategori tinggi, aspek keilmiahan pada kelas eksperimen 1 yaitu 0,63
kategori sedang dan kelas eksperimen 2 yaitu 0,84 kategori tinggi, aspek argumentasi
ilmiah pada kelas eksperimen 1 yaitu 0,67 kategori sedang dan kelas eksperimen 2
yaitu 0,82 kategori tinggi. Temuan lebih lanjut pada aspek kelengkapan organ
ditemukan perbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan (p0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan
argumentasi ilmiah siswa berdasarkan variabel demografi gender terhadap
argumentasi ilmiah aspek keilmiahan. Pada argumentasi ilmiah (rerata kedua aspek)
ditemukan perbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan (p


Ketersediaan
9-UN57.U1-SI-V-2025IPA ZAK A 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ZAK A 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
xiii;258 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik