Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PENCAK SILAT SENI TUNGGAL IPSI PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu kemampuan siswa dalam
belajar matematika terkait dengan konsep dan cara mengaplikasikannya secara
tepat dan diharapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika. Tujuan dari
pembelajaran matematika yaitu agar siswa mampu memahami konsep matematika,
menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep matematika.
Berdasarkan hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
diperoleh skor rata-rata kelas VII B adalah 40,10 dalam kategori rendah.
Penggunaan bahan ajar yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa. Mengacu pada analisis kebutuhan,
keterbatasan bahan ajar yang dipakai guru serta kurangnya aktivitas yang dilakukan
siswa mengakibatkan siswa kurang fokus dalam pembelajaran, sehingga
dibutuhkan bahan ajar yang menunjang siswa untuk aktif dalam belajar. Salah satu
pilihannya yaitu dengan mengembangkan bahan ajar E-LKPD berbasis
etnomatematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan dari E-LKPD berbasis etnomatematika pencak silat
untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis
penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau research and
development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE
yang terdiri dari Analyze, Design, Developt, Implement, dan Evaluate menurut
Branch. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B di SMP Al
Ma’rufiyah Tempuran.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan
tes. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan
dan analisis keefektifan. Analisis kevalidan dilakukan dengan menghitung
persentase hasil angket penilaian ahli media dan ahli materi terhadap E-LKPD yang
dikembangkan. Analisis kepraktisan dilakukan dengan menghitung persentase hasil
angket respon siswa terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Analisis keefektifan
diketahui dari uji Paired sample t-Test yang digunakan untuk mengkaji keefektifan,
dan N-Gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis etnomatematika
yang dikembangkan memenuhi aspek validitas dengan persentase 78% dalam
kategori valid dari penilaian validator materi, dan 79% dalam kategori valid dari
penilaian ahli media. Produk E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria
vii
dengan perolehan skor kepraktisan siswa sebesar 85% pada kategori sangat praktis.
Selanjutnya produk E-LKPD juga dinyatakan efektif dengan skor Paired sample t
Test sebesar 37,0786 dan skor N-Gain diperoleh sebesar 0,7 pada kategori sedang
yang artinya ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, simpulan yang dapat
ditarik adalah E-LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. E-LKPD dapat
digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.
14-UN57.U1-SPM-V-2025 | MATEMATIKA NUR P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain