PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

ANISA SEPTIANI - Nama Orang;

Fokus pembelajaran dan pendidikan abad 21 tidak hanya terbatas pada pencapaian
hasil belajar, melainkan juga mengutamakan proses dan peningkatan keterampilan
siswa. Keterampilan abad 21 perlu dilatih dalam proses pembelajaran untuk
mempersiapkan softskill siswa agar mudah beradaptasi terhadap segala perubahan
yang cepat dan berkelanjutan. Keterampilan berpikir kritis ialah salah satu
keterampilan abad 21 yang harus dimiliki untuk memudahkan dalam
mempertimbangkan sesuatu dengan pemikiran logis dan bersikap selektif terhadap
berbagai informasi yang didapatkan. Hasil observasi dan penelitian terdahulu
menyatakan terkait tingkat keterampilan berpikir kritis siswa yang tergolong
rendah. Beberapa penelitian menyebutkan keterampilan berpikir kritis dapat
ditingkatkan melalui model pembelajaran ECIRR (elicit, confront, identify, resolve,
reinforce). Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan
model pembelajaran ECIRR dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi
experiment serta desain non-equivalent control group design. Penelitian
dilaksanakan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang
dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 6 soal. Hasil uji T setelah
perlakuan model pembelajaran sebesar 0,003 atau terdapat perbedaan signifikan
keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil
tersebut didukung oleh uji N-Gain dengan rerata kelas eksperimen mengalami
peningkatan keterampilan berpikir kritis lebih tinggi dibanding kelas kontrol.
Model pembelajaran ECIRR disimpulkan terbukti mempunyai keefektifan dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
11-UN57.U1-SI-V-2025IPA SEP K 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SEP K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
xvi; 385 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik