Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Fokus pembelajaran dan pendidikan abad 21 tidak hanya terbatas pada pencapaian
hasil belajar, melainkan juga mengutamakan proses dan peningkatan keterampilan
siswa. Keterampilan abad 21 perlu dilatih dalam proses pembelajaran untuk
mempersiapkan softskill siswa agar mudah beradaptasi terhadap segala perubahan
yang cepat dan berkelanjutan. Keterampilan berpikir kritis ialah salah satu
keterampilan abad 21 yang harus dimiliki untuk memudahkan dalam
mempertimbangkan sesuatu dengan pemikiran logis dan bersikap selektif terhadap
berbagai informasi yang didapatkan. Hasil observasi dan penelitian terdahulu
menyatakan terkait tingkat keterampilan berpikir kritis siswa yang tergolong
rendah. Beberapa penelitian menyebutkan keterampilan berpikir kritis dapat
ditingkatkan melalui model pembelajaran ECIRR (elicit, confront, identify, resolve,
reinforce). Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan
model pembelajaran ECIRR dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi
experiment serta desain non-equivalent control group design. Penelitian
dilaksanakan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang
dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 6 soal. Hasil uji T setelah
perlakuan model pembelajaran sebesar 0,003 atau terdapat perbedaan signifikan
keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil
tersebut didukung oleh uji N-Gain dengan rerata kelas eksperimen mengalami
peningkatan keterampilan berpikir kritis lebih tinggi dibanding kelas kontrol.
Model pembelajaran ECIRR disimpulkan terbukti mempunyai keefektifan dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
11-UN57.U1-SI-V-2025 | IPA SEP K 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain