PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI ANALISIS SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PADA KERETA API ARGO LAWU NEW GENERATION

FERDYANSAH ANANTA - Nama Orang;

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi utama di Indonesia yang terus
mengalami pengembangan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Salah
satu aspek penting dalam kenyamanan adalah sistem pengkondisian udara, yang
berfungsi menjaga suhu dan kelembapan dalam gerbong tetap stabil selama
perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban pendinginan,
distribusi suhu, kecepatan udara, serta tekanan dalam gerbong kereta Argo Lawu
New Generation. Perhitungan beban pendinginan dilakukan menggunakan metode
Cooling Load Temperature Difference (CLTD), sedangkan distribusi termal dan
pola aliran udara dianalisis menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamics
(CFD) transien. Berdasarkan hasil penelitian temperatur rata-rata di dalam gerbong
kereta api sebesar 25,31ËšC dengan kelembapan rata-rata sebesar 55,87%, yang
masih sesuai dengan standar kenyamanan termal SNI 03-6572-2001. Selain itu,
diperoleh bahwa beban pendinginan gerbong mencapai 39.284,32 kkal/jam, masih
berada di bawah kapasitas sistem pendingin sebesar 40.000 kkal/jam, sehingga
sistem AC mampu menjaga kondisi termal dalam batas nyaman. Hasil simulasi
CFD menunjukkan bahwa konfigurasi AC di tengah (KA 2) lebih optimal
dibandingkan AC di ujung (KA 1), dengan distribusi suhu lebih merata yaitu 24,8
ËšC, kecepatan udara lebih stabil yaitu 0,5 m/s, dan distribusi tekanan yang lebih
seimbang yaitu 2,05 Pa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sistem
pengkondisian udara pada kereta Argo Lawu New Generation bekerja secara
optimal, namun peningkatan efisiensi dapat dilakukan dengan optimalisasi
distribusi udara dan pengurangan beban termal eksternal.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi MESIN ANA A 2025
32-UN57.U1-STM-V-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MESIN ANA A 2025
Penerbit
: UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;69 HAL;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?