Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN DORATOON PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika dan
telah ditetapkan sebagai standar internasional yang harus dilalui oleh siswa dalam
menyikapi persoalan pada generasi masa kini. Berdasarkan tes kemampuan awal
pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang menunjukkan
rata-rata 27,20, yang masuk dalam kategori rendah. Kurangnya variasi dalam
penerapan model pembelajaran, kurangnya keterlibatan siswa selama pembelajaran,
serta kurangnya perhatian guru terhadap kecenderungan gaya belajar siswanya. Media
pembelajaran berbasis video belum pernah diterapkan pada pembelajaran, sehingga
perlu adanya inovasi model pembelajaran yang digunakan untuk mengarahkan siswa
lebih aktif dan membuat pembelajaran lebih menarik, salah satunya model VAK
berbantuan Doratoon yang diterapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi sebagai
pemenuhan kecenderungan belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
VAK berbantuan Doratoon pada pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, terdapat
tujuan lain penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran
Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan Doratoon pada pembelajaran
berdiferensiasi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Tidak tersedia versi lain