PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSIKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GAME INTERAKTIF EDUCAPLAY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP

AMISHA SHAHILA DIVANIA - Nama Orang;

Literasi sains merupakan aspek krusial didalam kebijakan pendidikan sains dengan
tujuan membentuk generasi melek sains, teknologi, kreatif, berpikir kritis,
berargumentasi, dan berkolaborasi untuk menghadapi era globalisasi. Rendahnya
literasi sains siswa terlihat jelas dari hasil PISA yang diadakan antara tahun 2000
hingga 2022 serta hasil tes literasi sains di SMP Negeri 7 Magelang. Skor rata-rata
literasi sains siswa masih masuk pada tingkat yang rendah, di mana sebagian besar
indikator literasi sains berada pada kategori cukup hingga kurang sekali. Penelitian
ini dilaksanakan untuk menganalisis efektivitas inkuiri terbimbing yang
menggunakan game interaktif educaplay untuk meningkatkan kemampuan siswa
akan literasi sains di tingkat SMP. Penelitian ini berdesain quasi-experiment
nonequivalent control group dengan melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 7
Magelang, yaitu kelas VIII B sebagai eksperimen dan VIII A sebagai kontrol, yang
dipilih melalui purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest
berjumlah 20 soal pilihan ganda yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian
membuktikan bahwa hasil uji Independent Samples T-Test memperoleh nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 dan N-Gain kelas eksperimen meningkat sebesar 0,733
setelah diaplikasikannya model inkuiri terbimbing berbantuan game interaktif
educaplay. Sesuai hasil penelitian maupun uji hipotesis dapat diambil simpulan
bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan game interaktif educaplay mampu
meningkatkan literasi sains siswa


Ketersediaan
13-UN57.U1-SI-V-2025IPA DIV K 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA DIV K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;182 HLM; 29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik