Text
SKRIPSIKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GAME INTERAKTIF EDUCAPLAY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Literasi sains merupakan aspek krusial didalam kebijakan pendidikan sains dengan
tujuan membentuk generasi melek sains, teknologi, kreatif, berpikir kritis,
berargumentasi, dan berkolaborasi untuk menghadapi era globalisasi. Rendahnya
literasi sains siswa terlihat jelas dari hasil PISA yang diadakan antara tahun 2000
hingga 2022 serta hasil tes literasi sains di SMP Negeri 7 Magelang. Skor rata-rata
literasi sains siswa masih masuk pada tingkat yang rendah, di mana sebagian besar
indikator literasi sains berada pada kategori cukup hingga kurang sekali. Penelitian
ini dilaksanakan untuk menganalisis efektivitas inkuiri terbimbing yang
menggunakan game interaktif educaplay untuk meningkatkan kemampuan siswa
akan literasi sains di tingkat SMP. Penelitian ini berdesain quasi-experiment
nonequivalent control group dengan melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 7
Magelang, yaitu kelas VIII B sebagai eksperimen dan VIII A sebagai kontrol, yang
dipilih melalui purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest
berjumlah 20 soal pilihan ganda yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian
membuktikan bahwa hasil uji Independent Samples T-Test memperoleh nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 dan N-Gain kelas eksperimen meningkat sebesar 0,733
setelah diaplikasikannya model inkuiri terbimbing berbantuan game interaktif
educaplay. Sesuai hasil penelitian maupun uji hipotesis dapat diambil simpulan
bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan game interaktif educaplay mampu
meningkatkan literasi sains siswa
13-UN57.U1-SI-V-2025 | IPA DIV K 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain