PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, AND SHARING) DENGAN STRATEGI WANKAT-OREOVOCZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA DI SMP NEGERI 6 MAGELANG

FAHRIDHOTUL SHOLIHAH - Nama Orang;

Penguasaan konsep IPA mengacu pada kemampuan siswa untuk memahami dan mengintegrasikan konsep-konsep ilmiah. Menguasai konsep penting untuk pemahaman pembelajaran yang mendalam, namun praktik menunjukkan bahwa banyak siswa masih kesulitan untuk melakukan hal ini. Salah satu model pembelajaran yang berhasil dalam mengoptimalkan penguasaan konsep adalah model pembelajaran RMS dengan Strategi Wankat-Oreovocz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) dengan strategi Wankat-Oreovocz terhadap penguasaan konsep IPA pada topik cahaya dan alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Magelang sebagai populasi, dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui pretest dan posttest yang melibatkan 6 soal mengenai penguasaan konsep berupa uraian yang telah melalui uji validitas maupun reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji statistik signifikansi uji T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji T-Test sebesar 0.003 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Hasil ujN-Gain kelas eksperimen sebesar 0,55 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Keduanya berada pada kategori sedang, namun kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran RMS dengan strategi WankatOreovocz efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.


Ketersediaan
14-UN57.U1-SI-V-2025IPA SHO I 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SHO I 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI; 253 HLM; 29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik