Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, AND SHARING) DENGAN STRATEGI WANKAT-OREOVOCZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA DI SMP NEGERI 6 MAGELANG
Penguasaan konsep IPA mengacu pada kemampuan siswa untuk memahami dan mengintegrasikan konsep-konsep ilmiah. Menguasai konsep penting untuk pemahaman pembelajaran yang mendalam, namun praktik menunjukkan bahwa banyak siswa masih kesulitan untuk melakukan hal ini. Salah satu model pembelajaran yang berhasil dalam mengoptimalkan penguasaan konsep adalah model pembelajaran RMS dengan Strategi Wankat-Oreovocz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) dengan strategi Wankat-Oreovocz terhadap penguasaan konsep IPA pada topik cahaya dan alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Magelang sebagai populasi, dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui pretest dan posttest yang melibatkan 6 soal mengenai penguasaan konsep berupa uraian yang telah melalui uji validitas maupun reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji statistik signifikansi uji T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji T-Test sebesar 0.003 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Hasil ujN-Gain kelas eksperimen sebesar 0,55 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Keduanya berada pada kategori sedang, namun kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran RMS dengan strategi WankatOreovocz efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.
14-UN57.U1-SI-V-2025 | IPA SHO I 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain