Text
SKRIPSI PENGARUH KONTEN KAMPANYE POLITIK AHMAD LUTHFI SEBAGAI CALON GUBERNUR TERHADAP MINAT MEMILIH GEN Z (Studi Kuantitatif Deskriptif Akun Instagram @ahmadluthfi_official dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024)
ABSTRAK
PENGARUH KONTEN KAMPANYE POLITIK AHMAD LUTHFI SEBAGAI CALON GUBERNUR TERHADAP MINAT MEMILIH GEN Z (Studi Kuantitatif Deskriptif Akun Instagram @ahmadluthfi_official dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024)
OKKY WIDYANINGTYAS SEKAR PUTRI Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar.
Kampanye politik pada masa kini tidak hanya dilakukan secara langsung dan bertatap muka, tetapi juga dapat dilaksakan melalui media sosial. Generasi Z merupakan generasi yang sangat aktif menggunakan media sosial, dalam mencari informasi, baik informasi sosial hingga politik. Lokasi penelitian Provinsi Jawa Tengah dipilih berdasarkan tokoh yang dipilih dalam kontestasi pilkada Jawa Tengah 2024. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konten kampanye Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur terhadap minat memilih Gen Z di Jawa Tengah. Dengan teori Stimulus-Respon (SR), penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yaitu kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Gen Z Jawa Tengah, dengan sampel Gen Z di Jawa Tengah yang berusia 17-21 tahun dan merupakan pemilih pemula, masuk dalam DPT Pilkada Jawa Tengah 2024, dan mengetahui Ahmad Luthfi. Uji penelitian yaitu uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten kampanye Ahmad Luthfi berpengaruh signifikan terhadap minat memilih Gen Z. Variabel X atau konten mempengaruhi variabel Y atau minat memilih sebesar 72,2% Penelitian ini berguna bagi calon gubernur untuk dapat memberikan konten-konten di media sosial yang menarik untuk Gen Z.
Kata Kunci : Ahmad Luthfi, Gen Z, Konten, Minat Memilih, Pilkada 2024
Tidak tersedia versi lain