Text
SKRIPSI STRATEGI MANAJEMEN PEMBERITAAN RADARSEMARANG.ID DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBACA
ABSTRAK
Radarsemarang.id berhasil menunjukkan peningkatan jumlah pembaca dengan mencapai 13 juta tahun 2024 melalui manajemen pemberitaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen pemberitaan yang diterapkan oleh Radarsemarang.id dalam meningkatkan minat pembaca dengan menggunakan konsep news processing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanatif dengan paradigma postpositivistik untuk mengeksplorasi strategi manajemen pemberitaan yang diterapkan oleh redaksi dalam meningkatkan minat pembaca. Adapun data dalam penelitian ini didapatkan berdasarkan hasil wawancara kepada pihak Radarsemarang.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radarsemarang.id telah menerapkan konsep news processing dalam berbagai tahapan pemberitaan. Pada tahap news planning, redaksi juga memanfaatkan informasi dari masyarakat atau citizen journalism guna mendapatkan berita terkini. Dalam news hunting, wartawan diwajibkan mengumpulkan setidaknya tiga informasi berbeda untuk satu isu guna menyajikan perspektif yang lebih beragam. Selain itu, aspek keunikan dan sisi budaya yang jarang terekspos menjadi fokus dalam pencarian berita guna menarik minat pembaca. Pada tahap news writing, wartawan menerapkan gaya penulisan naratif dan deskriptif serta menulis tiga sampai sepuluh tulisan dengan sudut pandang berbeda dalam satu isu. Tahap news editing dilakukan dengan penyuntingan redaksional dan substansional, termasuk pemilihan judul yang singkat, menarik, serta mengandung unsur negasi atau penegasan untuk membangun rasa penasaran pembaca. Terakhir, dalam tahap news publishing berita akan dipublikasikan di portal media online kemudian untuk beberapa berita bernilai tinggi akan dibagikan juga melalui media sosial agar memperluas jangkauan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi manajemen pemberitaan Radarsemarang.id telah berhasil meningkatkan minat pembaca melalui penerapan konsep news processing yang adaptif dan inovasi dari Radarsemarang.id sendiri. Kata
Kunci: Manajemen Pemberitaan, Minat Pembaca, Radarsemarang.id
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain