Text
SKRIPSI ANALISIS MOTIVASI DAN PERSEPSI GENERASI Z DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AKUN INSTAGRAM @THRIFTDILLA_
ABSTRAK
(Nia Ayudya Prastika, 2025)
Analisis Motivasi Dan Persepsi Generasi Z Dalam keputusan Pembelian Pada Akun Instagram @Thriftdilla_
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Fenomena thrifting semakin populer dikalangan Generasi Z, terutama melalui platform media sosial seperti Instagram. Namun dalam kegitan thrifting terdapat banyak hambatan seperti adanya larangan dari pemerintah, banyaknya penipuan, serta adanya pandangan negatif masyarakat bahwa thrifting dianggap sebagai masyarakat kelas bawah. Akun Instagram @Thriftdilla_ tetap berhasil mempertahankan popularitasnya dan menarik banyak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan persepsi Generasi Z dalam keputusan pembelian pada akun Instagram @Thriftdilla_. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian Generasi Z di akun Instagram @Thriftdilla_ dipengaruhi oleh kombinasi antara motivasi dan persepsi mereka terhadap produk serta layanan yang ditawarkan. Motivasi utama mereka dalam membeli sepatu bekas di akun ini didorong oleh harga yang lebih terjangkau dibandingkan akun thrift lainnya, kualitas produk yang baik, serta kepercayaan terhadap kesesuaian produk dengan deskripsi yang diberikan. Sementara itu, persepsi positif terhadap akun @Thriftdilla_ terbentuk melalui transparansi informasi, penggunaan foto realpict, serta pelayanan yang responsif dan ramah dari admin. Faktor-faktor ini menciptakan pengalaman belanja yang aman dan nyaman, sehingga mendorong loyalitas pelanggan serta meningkatkan kepercayaan Generasi Z dalam mengambil keputusan pembelian di platform digital.
Kata Kunci: Thrifting, Motivasi, Persepsi, Generasi Z
Tidak tersedia versi lain