Text
SKRIPSI STRATEGI KAMPANYE KESEHATAN @STUDIODJIWA MELALUI PROGRAM REFLEKSI DJIWA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KESEHATAN MENTAL PADA GEN Z
ABSTRAK
(Dita Febriani, 2025)
STRATEGI KAMPANYE KESEHATAN @STUDIODJIWA MELALUI PROGRAM REFLEKSI DJIWA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KESEHATAN MENTAL PADA GEN Z
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Kurangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental masih ditemui dalam kehidupan masyarakat, terutama pada Gen Z. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi mengenai kesehatan mental. Studio Djiwa merupakan organisasi yang aktif melakukan psikoedukasi kesehatan mental baik itu melalui platform media sosial Instagram maupun kampanye Refleksi Djiwa secara langsung untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental pada Gen Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi kampanye kesehatan @studiodjiwa melalui program Refleksi Djiwa untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental pada Gen Z. Model yang digunakan adalah model kampanye MK3S dengan analisis tahapan-tahapan di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil yang peneliti peroleh, strategi kampanye kesehatan Studio Djiwa memenuhi 5 tahapan dari model MK3S, yaitu perencanaan, penggunaan teori kampanye, analisis komunikasi, implementasi, serta evaluasi dan reorientasi. Dalam melakukan kampanye Refleksi Djiwa menggunakan komunikasi persuasif dan media seni ilustrasi yang terdapat pada setiap tahapannya. Setelah dikomparasi dengan beberapa konsep lain, ditemukan bahwa MK3S lebih mengakomodir analisis strategi tersebut karena kampanye dilakukan secara langsung dan melalui media sosial serta berfokus ke kampanye kesehatan.
Kata kunci: Gen Z, Kesehatan Mental, Strategi Kampanye Kesehatan, MK3S
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain