Text
SKRIPSI STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH KOTA MAGELANG DALAM PROGRAM NGOBROL PINTAR (NGOPI) BARENG PAK WALI
ABSTRAK
(Faruq Syahviar Arafat, 2025)
STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH KOTA MAGELANG DALAM PROGRAM NGOBROL PINTAR (NGOPI) BARENG PAK WALI
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Pemerintah mewujudkan visi dan misi di pemerintahan guna mencapai tujuan tertentu memerlukan penyusunan perencanaan program yang kemudian diimplementasikan melalui berbagai kebijakan. Salah satu cara untuk melakukannya yaitu menyediakan suatu program layanan masyarakat guna membantu dalam mengatasi permasalahan baik itu masalah sosial, ekonomi, kesehatan, maupun lainnya. Program Ngobrol Pintar (Ngopi) Bareng Pak Wali yang dirancang sebagai media komunikasi langsung antara Walikota Magelang dan Wakil Walikota Magelang kepada masyarakatnya, dalam perencanaan hingga pelaksanaan memerlukan koordinasi antar pihak internal dan eksternal yang masih menjadi permasalahan yang perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi public relations Pemerintah Kota Magelang dalam Program Ngopi Bareng Pak Wali. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep strategi public relations dan encroachment theory public relations. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perencanaan Public Relations dengan empat tahapan yaitu pertama, Riset dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Magelang melihat banyaknya fenomena yang terjadi seperti masalah kemiskinan dan kesehatan sehingga dibuatkan program Ngobrol Pintar (Ngopi) Bareng Pak Wali. Kedua, Perencanaan dilakukan oleh Bapperida dan Tata Pemerintah yang bukan dari pihak humas. Ketiga, Berkomunikasi dilakukan oleh Tata Pemerintah dan OPD kelurahan. Dan keempat, Evaluasi dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Magelang dengan para Organisasi Perangkat Daerah. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada penerapan tahap riset dalam strategi public relations, berbeda dari penelitian sebelumnya yang tidak memperhatikan tahap riset dalam strategi public relations.
Kata Kunci: Pemerintah Kota Magelang, Ngopi Bareng Pak Wali, Strategi Public Relations, Teori Encroachment.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain