Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM, GAMES, TOURNAMENT) BERBANTUAN KARTU PERMAINAN TOD (TRUTH OR DARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP
Implementasi model pembelajaran TGT merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model TGT berbantuan kartu TOD
(Truth Or Dare) dapat menjadikan pembelajaran menjadi interaktif dan menarik, sehingga meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan
mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMP menggunakan model TGT berbantuan kartu TOD dan discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dengan sampel kelas VII Zubair Bin Awwam sebagai kelas eksperimen dan VII Talhah Bin Ubaidilah sebagai kelas kontrol yang setiap kelas terdiri dari 24 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T-Test dan uji N-Gain melalui SPSS for window 25.0. Uji prasyarat normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi
normal dan homogen. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Uji Independent T-Test terhadap gain pretest-posttest diperoleh hasil sebesar 0,005 yang artinya
17-UN57.U1-SI-V-2025 | IPA MUL I 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain