Text
SKRIPSI ANALISIS IMPLEMENTASI PRAKTIK PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATA PELAJARAN IPA SMP DI KOTA MAGELANG
Keterampilan abad 21 saat ini menjadi tantangan untuk dapat dikuasai oleh peserta didik. Salah satu pendekatan yang memungkinkan pengembangan
keterampilan tersebut adalah pembelajaran STEM. Pembelajaran STEM sudah diterapkan di Kota magelang dan memperoleh penghargaan INOBEL yang
menunjukkan optimalnya pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi praktik pembelajaran STEM pada mata pelajaran IPA
SMP di Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi praktik pembelajaran STEM pada mata pelajaran IPA SMP di Kota Magelang didukung oleh kebijakan internal sekolah. Perencanaan pembelajaran menekankan
analisis eksplisit aspek STEM, sementara pelaksanaannya menggunakan pola pendekatan tertanam dan terintegrasi disesuaikan dengan kondisi sekolah, karakteristik materi,metode, dan media yang sesuai. Evaluasi mencakup seluruh aspek STEM dengan hasil menunjukkan peningkatan hasil belajar dan keterampilan
abad 21 siswa. Implementasi STEM dipengaruhi oleh faktor pendukung seperti kebijakan internal sekolah dan kompetensi guru, serta faktor penghambat berupa
karakteristik siswa yang beragam dan keterbatasan fasilitas
16-UN57.U1-SI-VI-2025 | IPA OKT A 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain