PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FERA (FOCUS, EXPLORE, REFLECT, AND APPLY) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

DZIKRINA ISTIGFAROH - Nama Orang;

Istigfaroh, Dzikrina. 2025. “Keefektifan Model Pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, And Apply) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pebimbing I Eli Trisnowati,
M. Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: FERA (Focus, Explore, Reflect, And Apply), keterampilan
Berpikir Kritis, Keefektifan Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia merupakan tantangan besar dalam pendidikan. Hal ini juga terlihat di SMP Negeri 6 Magelang, di mana hasil dari Cornell Critical Thinking Test menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Sebagai solusi, model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) diterapkan untuk meningkatkan keterampilan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran FERA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menerapkan model FERA dan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning, masing-masing berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang meliputi pretest dan posttest dengan enam soal uraian, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent t-Test untuk membandingkan hasil dari kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model FERA. Uji Independent t-Test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas dengan nilai signifikansi sebesar 0,016. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,623 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol mencapai 0,483 (kategori sedang). Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran FERA efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
15-UN57.U1-SI-V-2025IPA IST K 2025Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA IST K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;239HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik