Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FERA (FOCUS, EXPLORE, REFLECT, AND APPLY) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Istigfaroh, Dzikrina. 2025. “Keefektifan Model Pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, And Apply) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pebimbing I Eli Trisnowati,
M. Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: FERA (Focus, Explore, Reflect, And Apply), keterampilan
Berpikir Kritis, Keefektifan Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia merupakan tantangan besar dalam pendidikan. Hal ini juga terlihat di SMP Negeri 6 Magelang, di mana hasil dari Cornell Critical Thinking Test menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Sebagai solusi, model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) diterapkan untuk meningkatkan keterampilan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran FERA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menerapkan model FERA dan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning, masing-masing berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang meliputi pretest dan posttest dengan enam soal uraian, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent t-Test untuk membandingkan hasil dari kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model FERA. Uji Independent t-Test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas dengan nilai signifikansi sebesar 0,016. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,623 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol mencapai 0,483 (kategori sedang). Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran FERA efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
15-UN57.U1-SI-V-2025 | IPA IST K 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain