Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH (WOM) PADA USAHA JASA BFGRAFER DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
ABSTRAK
BERLIANA SALSABILA (2025):
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH (WOM) PADA USAHA JASA BFGRAFER DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar.
BFGrafer merupakan usaha jasa fotografi yang dirintis oleh lima Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar yang juga merupakan usaha penerima bantuan dana P2MW oleh Kemdikbudristek. Dengan berlatar belakang pendidikan fotografi, BFGrafer pada mulanya merupakan usaha jasa fotografi yang didirikan dalam mata kuliah praktik kewirausahaan. Jasa fotografi tersebut merupakan salah satu sektor industri kreatif yang terus berkembang terutama di era digital, di mana kebutuhan dokumentasi visual semakin meningkat. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menggambarkan strategi Word of Mouth (WOM) dalam meningkatkan penjualan BFGrafer, serta bagaimana hal tersebut dapat dioptimalkan untuk mendukung pertumbuhan usaha. Laporan tugas akhir ini menunjukkan bahwa WOM menjadi salah satu kekuatan utama BFGrafer dalam menarik pelanggan baru terutama melalui rekomendasi langsung dari klien yang puas terhadap kualitas layanan. Faktor lain seperti konsep foto yang mengikuti tren, harga yang terjangkau, dan kemampuan memahami kebutuhan target pasar berkontribusi pada tingginya tingkat kepuasan klien. Namun, bagi BFGrafer terdapat tantangan berupa persaingan ketat di industri fotografi dan keterbatasan sumber daya atau pekerjanya. Dalam beberapa tahun kedepan, BFGrafer berencana untuk memperkuat WOM digital melalui platform media sosial, publikasi ulasan pelanggan, serta kolaborasi dengan komunitas lokal. Selain itu, BFGrafer juga berencana untuk menambah layanan baru berupa foto wedding, new born, atau maternity. Hasil dari laporan tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi usaha serupa dalam mengoptimalkan strategi WOM untuk mendukung keberlanjutan dan ekspansi usaha di sektor fotografi.
Kata kunci: BFGrafer; Comunipreneur; Fotografi; WOM; Word of Mouth.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain