Text
SKRIPSI ANALISIS KORELASI BEBAN KERJA MENTAL PADA KINERJA AKADEMIK PESERTA DIDIK BERASRAMA SELAMA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID
Artaningthias, Dwi Juni. 2025. “Analisis Korelasi Beban Kerja Mental pada Kinerja Akademik Peserta Didik Berasrama di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkidâ€. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd.
Kata Kunci: Beban Kerja Mental, Kinerja Akademik, RSME, SAPS, Peserta Didik Berasrama, Pembelajaran Biologi
Pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara holistik, meliputi aspek keimanan, ilmu pengetahuan dan karakter. Sekolah berasrama keagamaan, khususnya sekolah islam berasrama memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan tersebut dengan mengimbangi ilmu pengetahuan umum dan islami. Salah satu mata pelajaran umum yang dipelajari adalah biologi yang menuntut pemahaman konseptual dan keterampilan proses sains. Tuntutan akademik yang tinggi dapat menyebabkan beban kerja mental yang berdampak pada kinerja akademik peserta didik. Kinerja akademik yang optimal penting untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara beban kerja mental pada kinerja akademik peserta didik berasrama di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid selama pembelajaran biologi. Beban kerja mental diukur menggunakan metode Rating Scale Mental Effort, sedangkan kinerja akademik diukur menggunakan Students’ Academic Performance Scale. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA di SMAIT Ihsanul Fikri. Sampel penelitian ini berjumlah 49 peserta didik yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi yang kuat antara beban kerja mental pada kinerja akademik peserta didik sebesar – 0,647, yang berarti semakin tinggi beban kerja mental, semakin rendah kinerja akademik peserta didik. Beban kerja mental peserta didik berasrama di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid berada pada kategori sedang dengan indikator performansi kerja dan usaha mental kerja memiliki rata-rata usaha mental yang cukup besar yakni 98,16 dan 91,43. Kinerja akademik peserta didik berasrama selama pembelajaran biologi secara umum termasuk dalam kategori sedang untuk kinerja individu maupun kelompok dengan rata-rata nilai sebesar 92,63. Tuntutan akademik peserta didik berasrama perlu dikelola melalui strategi pembelajaran yang efektif dan dukungan lingkungan sekolah yang kondusif untuk menekan beban kerja mental sehingga dapat memaksimalkan kinerja akademik mereka.
Tidak tersedia versi lain