Text
SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAKOGNITIF SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEMPERNAPASAN
Yunianti, Khoviva Ika. (2025). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw berbantuan Media Puzzle terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA pada Materi Sistem Pernapasan”. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Pembimbing 1 Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Jigsaw, Puzzle, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Pernapasan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan yang masih berada dibawah tingkat standar ketercapaian tujuan pembelajaran karena model pembelajaran yang menggunakan metode konvensional dapat mengurangi keaktifan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan.
Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih secara purposive sampling yaitu kelas XI-1 dan XI-2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes berupa uraian, lembar pedoman observasi, lembar validasi soal tes, dan lembar keterlaksanaan sintaks. Data diperoleh dari hasil pretest dan post-test materi sistem pernapasan. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis Independent Sample T-test.
Berdasarkan data penelitian, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata akhir post-test keterampilan berpikir kritis sebesar 75,65, lebih tinggi daripada kelas kontrol yang mencapai 72,71. Selain itu juga diperoleh nilai rata-rata akhir hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen yaitu 76,78 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 71,48. Media pembelajaran puzzle berbasis Jigsaw berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai Sig sebesar 0,021 artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan data hasil belajar kognitif siswa dengan berbantuan media puzzle diperoleh nilai taraf signifikan sebesar 0,047 artinya, terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw berbantuan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan.
24-UN57.U1-SPB-V-2025 | BIOLOGI YUN P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain