Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA KEDAI KOPI “BERDIKARI KOFFEE” DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA KEDAI KOPI BERDIKARI KOFFEE DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
Adelia Regina Damayanti NPM 2010202065
ABSTRAK
Tren minum kopi semakin semakin meningkat, berkembang dan menjadi gaya hidup bagi masyarakat, salah satunya adalah di Kota Magelang. Meningkatnya tren minum kopi tersebut menjadikan banyak peluang untuk membuka bisnis kopi dan hal tersebut menimbulkan persaingan. Dengan hal ini, strategi komunikasi pemasaran akan diperlukan pada pelaku bisnis. Berdikari Koffee adalah salah satu kedai kopi yang masih berdiri hingga saat ini karena melakukan kegiatan pemasaran secara terpadu. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menjelaskan Strategi Komunikasi Pemasaran terpadu yang diterapkan oleh Kedai Kopi Berdikari Koffee dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication dengan analisis elemen-elemen didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kedai kopi Berdikari Koffee melakukan kegiatan pemasaran dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui offline dan juga online. Pada integrated marketing communication sendiri terdapat 8 elemen, diantaranya adalah direct marketting, sales promotion, public relations, personal selling, advertising, word of mouth, event and experience, interactive marketing. Namun dalam usahanya dalam meningkatkan brand awareness, Kedai kopi Berdikari Koffee hanya melakukan 6 elemen dari 8 elemen yang dimiliki IMC. Berdikari Koffee ini tidak melakukan kegiatan direct marketing dan juga personal selling. Dalam kegiatan integrated marketing communication, Berdikari Koffee mengintegrasikan 6 elemen melalui implementasi sosial media marketing dengan konten-konten yang telah dibuat, selain itu kedai ini juga melakukan kegiatan lain seperti cross selling.
Kata kunci: Tren Kopi, Kedai Kopi, Strategi Komunikasi Pemasaran, IMC, Brand awareness
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain