Text
SKRIPSI PENGARUH CREATOR CONTENT @YASIRJAKALBA TENTANG PRODUK AQUA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI
ABSTRAK
(Fanny Irgi Fadhilah, 2025):
PENGARUH CREATOR CONTENT @YASIRJAKALBA TENTANG PRODUK AQUA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Tiktok merupakan suatu platform media sosial yang perkembangannya paling cepat di dunia. Seiring berjalannya waktu banyak creator content yang memanfaatkan Tiktok untuk berbagi informasi. Salah satunya Yasirjakalba, ia memanfaatkan tiktok sebagai media informasi dan edukasi terkait dengan isu-isu yang ramai di masyarakat, salah satunya mengenai produk Aqua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Creator Content @Yasirjakalba Tentang Produk Aqua Terhadap Keputusan Pembelian Kembali dengan menggunakan Teori S-O-R sebagai landasan teori. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, dimana kuesioner disebarkan secara online kepada 100 responden yang merupakan penonton konten Yasir jakalba dan pernah membeli produk Aqua. Teknik analisis data yang diterapkan adalah regresi linier sederhana untuk mengukur pengaruh creator content @yasirjaklba tentang produk aqua terhadap keputusan pembelian kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa creator content @yasirjakalba tentang produk aqua memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kembali dengan koefisien sebesar 0,312, yang berarti sekitar 31,2% variasi keputusan pembelian kembali dapat dijelaskan oleh creator content @yasirjakalba. Temuan ini mengidentifikasi bahwa creator content @yasirjakalba tentang produk aqua memberikan dampat positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian kembali, memberikan kepercayaan, dan keinginan untuk melakukan pembelian ulang. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan bahwa seorang creator content seperti yasirjakalba harus memiliki kredibilitas yaitu keahlian, daya tarik, dan kepercayaan untuk menarik penonton dalam melakukan keputusan pembelian kembali.
Kata kunci : Creator Content, Tiktok, Teori S-O-R, Produk Aqua, Keputusan Pembelian Kembali.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain