Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CANDIROTO PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI
Devitasari, Diana. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Candiroto Pada Materi Relasi Dan Fungsi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd., Pembimbing II Dr. Megita Dwi Pamungkas, M.Pd. Kata kunci: problem based learning, discovery learning, kemampuan pemecahan masalah.
Kemampuan pemecahan masalah siswa merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan ditingkatkan, untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah menggunakan beberapa indikator yaitu, mengidentifikasi masalah, menentukan cara atau strategi, mengaplikasikan strategi, dan membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi relasi dan fungsi masih kurang. Sehingga, dalam penelitian ini memusatkan untuk meneliti kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan, dan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran discovery learning.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Candiroto. Adapun yang menjadi sampel adalah kelas VIII A dan kelas VIII D yang berjumlah masing-masing ada 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan postest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan(uji z), uji independent sample t test.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan: 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan model problem based learning mencapai ketuntasan, 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan model discovery learning belum mencapai ketuntasan, 3) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih baik dibanding dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning.
19-UN57.U1-SPM-V-2025 | MATEMATIKA DEV P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain