Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SETS-PjBL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA
Penguasaan konsep IPA dan sikap peduli lingkungan peserta didik Indonesia masih rendah. Hal ini tercermin dari penurunan skor PISA 2022 dan ketidaktahuan
peserta didik tentang perubahan iklim serta tidak adanya kemajuan kesadaran terhadap lingkungan. Data di SMP Negeri 1 Tegalrejo juga menunjukkan hasil
belajar kognitif IPA yang belum optimal, dengan 72% siswa belum mencapai KKM pada ASTS 2024/2025 dan kurangnya sikap peduli lingkungan. Hal tersebut
diperkuat oleh belum terintegrasinya pembelajaran IPA dengan lingkungan. Oleh karena itu, butuh adanya bahan ajar untuk memenuhi tuntutan pembelajaran IPA,
mengembangkan karakter, dan mencapai salah satu indikator Sekolah Adiwiyata dalam meningkatkan penguasaan konsep dan sikap peduli lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari LKPD berbasis SETS-PjBL dalam pembelajaran IPA di Sekolah
Adiwiyata. Keefektifan LKPD dapat terukur melalui peningkatan penguasaan konsep dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Produk ini dikembangkan dalam
bentuk media cetak dengan bantuan Microsoft Word 2016 dan Canva. Selain itu, LKPD ini dirancang sesuai tahapan SETS-PjBL. Metode penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Four-D (4-D). Model 4D yang tersusun dari tahap define, design, develop,
dan disseminate. Namun, pada penelitian ini tahap disseminate dalam proses packaging dan diffusion and adoption tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dalam penyebaran produk. Sampel penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VII F SMPN 1 Tegalrejo yang diambil atas pertimbangan guru IPA. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, pre-test dan post-test, serta observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan LKPD berbasis SETS-PjBL. Hasil rata-rata Aiken’s V pada analisis hasil validasi ahli sebesar 0,919 dengan kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Lalu analisis kepraktisan dari angket respon peserta didik sebesar 79% dengan kategori baik sehingga produk dapat dinyatakan praktis untuk pembelajaran IPA. Keefektifan LKPD berbasis SETS-PjBL memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang dan rata-rata penilaian teman sejawat memperoleh persentase 84% dengan
vi kategori sangat peduli. Hasil penilaian teman sejawat didukung oleh persentase hasil observasi sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, simpulan yang bisa diambil adalah LKPD berbasis SETS-PjBL untuk meningkatkan penguasaan konsep dan sikap peduli lingkungan di Sekolah Adiwiyata telah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Adapun saran penelitian ini adalah dibutuhkan penelitian lanjutan yang berfokus pada tahap mengevaluasi untuk mengoptimalkan indikator C5
(mengevaluasi). Hal ini karena proses pembelajaran pada penelitian ini masih belum berjalan optimal. Selain itu, pada penelitian selanjutnya sebaiknya dapat
menambahkan aktivitas peserta didik pada LKPD yang menekankan pada sikap peduli lingkungan di tahap memonitoring kemajuan proyek (aplikasi).
18-UN57.U1-SI-VI-2025 | IPA WIJ P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain