Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF-ESTEEM PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI
Fitriani, Elis. (2025). “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal teaching terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Self-esteem pada Materi Relasi dan Fungsi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Self-esteem
Kemampuan representasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika dikarenakan sebagai kemampuan dasar dalam penyelesaian masalah matematis. Namun, pada kenyataannya kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandongan masih tergolong rendah dengan rata-rata 50,34 dari skor maksimal 100. Model pembelajaran yang belum bervariasi dan kurangnya keyakinan siswa terhadap kemampuannya dalam proses pembelajaran menjadi alasan yang melatarbelakangi hasil tersebut.
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk menganalisis perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran reciprocal teaching dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Kedua, menganalisis perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki tingkat self-esteem tinggi, sedang, dan rendah. Ketiga, menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan self-esteem terhadap kemampuan representasi matematis.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Adapun bentuk desain penelitian yaitu menggunakan the non-equivalent posttest-only control group design. Sampel penelitian yaitu dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan penentuan menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan agket.
17-UN57.U1-SPM-V-2025 | MATEMATIKA FIT P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain