PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF-ESTEEM PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

ELIS FITRIANI - Nama Orang;

Fitriani, Elis. (2025). “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal teaching terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Self-esteem pada Materi Relasi dan Fungsi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Self-esteem
Kemampuan representasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika dikarenakan sebagai kemampuan dasar dalam penyelesaian masalah matematis. Namun, pada kenyataannya kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandongan masih tergolong rendah dengan rata-rata 50,34 dari skor maksimal 100. Model pembelajaran yang belum bervariasi dan kurangnya keyakinan siswa terhadap kemampuannya dalam proses pembelajaran menjadi alasan yang melatarbelakangi hasil tersebut.
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk menganalisis perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran reciprocal teaching dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Kedua, menganalisis perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki tingkat self-esteem tinggi, sedang, dan rendah. Ketiga, menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan self-esteem terhadap kemampuan representasi matematis.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Adapun bentuk desain penelitian yaitu menggunakan the non-equivalent posttest-only control group design. Sampel penelitian yaitu dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan penentuan menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan agket.


Ketersediaan
17-UN57.U1-SPM-V-2025MATEMATIKA FIT P 2025Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FIT P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;219HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik