PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

ANANDA DWIYANI SUSILO - Nama Orang;

Berdasarkan lima kemampuan matematis yang terdapat dalam NCTM, penelitian ini berfokus pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Pada
siswa MAN 1 Magelang didapatkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 42 dari nilai maksimum 100. Dalam hal ini, pembelajaran hanya berfokus pada pemahaman siswa mengenai materi tanpa menghubungkan materi dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian, yaitu (1) untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan pendekatan contextual teaching and learning dibandingkan menggunakan pendekatan konvensional; (2) untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan adversity quotient; (3) untuk menganalisis ada atau tidaknya interaksi contextual
teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari adversity quotient. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu yang merupakan bagian dari pendekatan kuantitatif. Bentuk eksperimennya, yaitu posttest control group design. Penelitian terdiri dari 2 variabel bebas, yaitu pendekatan pembelajaran dan adversity quotient, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dijadikan sebagai variabel terikat. Kelas XI A1 dan XI S1 merupakan sampel penelitian ini. Penelitian menggunakan soal posttest, angket adversity quotient, lembar observasi dan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik
analisis data yang dilakukan terbagi menjadi dua tahap yaitu analisis data awal dan akhir. Analisis data awal bertujuan untuk mengecek keseimbangan kemampuan
kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk memenuhi persyaratan analisis data, dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan rerata. Analisis
data akhir menggunakan uji anava dua jalan yang dilanjukan dengan uji Scheffe apabila hasil uji anava dua jalan memiliki perbedaan.
Hasil analisis data awal, yaitu kedua kelas memiliki keseimbangan rerata, homogen, dan berdistribusi normal. Pada data akhir didapatkan hasil bahwa (1)
terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan pendekatan pembelajaran yang digunakan; (2) terdapat pengaruh perbedaan kategori adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari adversity quotient. vi Berdasarkan uji lanjut anava dua jalan didapatkan kesimpulan bahwa (1) siswa dengan adversity quotient tipe climbers memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tidak berbeda dengan siswa tipe campers; (2) siswa dengan adversity
quotient tipe campers memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda dengan siswa tipe quitters; (3) siswa dengan adversity quotient tipe climbers
memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tidak berbeda dengan siswa tipe quitters.


Ketersediaan
18-UN57.U1-SPM-V-2025MATEMATIKA SUS P 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA SUS P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;260 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik