Text
SKRIPSI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA POSTINGAN FEEDS INSTAGRAM @MIE.GACOAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
ABSTRAK
(Anggi Prihatiningsih, 2025) :
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA POSTINGAN FEEDS INSTAGRAM @mie.gacoan TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar.
Mie Gacoan merupakan salah satu merk dagang restaurant mie pedas yang sempat viral karena video yang diunggah salah satu konsumen di cabang Mie Gacoan Cirebon yang menemukan adanya belatung di makanan mienya sehingga menimbulkan berita mengenai hal tersebut dan juga karena ada kabar mengenai makanan dan minuman Mie Gacoan yang belum tersertifikasi halal. Mie Gacoan melakukan promosi produk dengan memanfaatkan media sosial yaitu instagram dan tiktok. Di instagram, Mie Gacoan mendapatkan jumlah followers dan engagement yang lebih tinggi daripada tiktok dengan username @mie.gacoan. Konten – konten instagram @mie.gacoan dikemas semenarik mungkin dengan tidak hanya menampilkan mengenai konten promosi produk saja sehingga mendapatkan jumlah engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor. Di balik tingginya engagement @mie.gacoan dibandingkan dengan kompetitor, terdapat banyak komentar negatif yang ada di kolom komentar postingan feeds instagram @mie.gacoan atau yang disebut juga e-wom. Meskipun terdapat komentar negatif pada postingan feeds instagram @mie.gacoan, minat beli konsumen Mie Gacoan masih cukup tinggi dibandingkan dengan kompetitor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan besar pengaruh electronic word of mouth (e-wom) pada postingan feeds instagram @mie.gacoan terhadap keputusan pembelian konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori S-O-R. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner secara daring. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi liniear sederhana dengan teknik pengambilan sampel sampling insedental sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh electronic word of mouth (e-wom) pada postingan feeds instagram @mie.gacoan terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 35,4%.
Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Instagram, Keputusan Pembelian Konsumen, Teori S-O-R
Tidak tersedia versi lain