Text
SKRIPSI PERENCANAAN REVITALISASI JALUR KERETA API LINTAS KALISAT-BONDOWOSO DENGAN METODE BUILDING INFORMATION MODELLING
Revitalisasi jalur kereta api Kalisat–Bondowoso menjadi prioritas pemerintah, didorong oleh potensi pariwisata dan pemekaran wilayah. Dalam perencanaannya, diperlukan pendekatan teknologi Building Information Modelling (BIM) untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi. Penelitian ini bertujuan untuk peninjauan kondisi trase, merencanakan revitalisasi jalur rel sebagai alternatif angkutan massal Kalisat – Bondowoso, termasuk desain geometri dan strukturnya, serta melakukan perhitungan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis pendekatan kuantitaif dengan mengimplementasikan metode Building Information Modelling (BIM). Identifikasi kondisi trase Kalisat-Bondowoso berada di persilangan jalan rel
dengan jalan raya atau perkampungan dibuktikan dengan patok yang dipasang oleh PT. KAI. Perancangan geometri dalam revitalisasi jalur kereta api dilakukan penentuan koordinat trase, topografi trase, serta perhitungan alinyemen horizontal dan vertikal. Tipe Rel yang digunakan adalah R54 di stasiun Sukowono, Tamanan dan Grujukan dan berakhir pada Stasiun Bondowoso yang sekarang menjadi cagar budaya perkeretaapian DAOP IX Jember Mengacu pada perhitungan Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang berdasarkan Peraturan Menteri No 12 2014. tentang Standar Biaya di Lingkungan Kementerian Perhubungan serta perhitungan rekapitulaasi harga satuan pekerjaan, biaya yang dibutuhkan dalam revitalisasi jalan rel lintas Jember-Bondowoso sebesar Rp594.426.833.000,00 dengan hasil volume galian dan timbunan yang
dihasilkan dari Implementasi BIM sebesar 2587705,82 m3 untuk galian dan 1652835,28 m3 untuk timbunan.
31-UN57.U1-STS-VI-2025 | SIPIL WAR R 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain