Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE CONCEPT MAPPING BERBASIS COGNITIVE LOAD THEORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA SMA
Desilarsih, Galuh Dwias. 2025. “Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Concept Mapping Berbasis Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Arifta Nurjanah, M.Pd., Pembimbing II Rifki Hamdani, S.S.T., M.Si.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Concept Mapping, Cognitive Load Theory, Kemampuan Literasi Matematika.
Dari lima SMA negeri di Kota Magelang, hanya SMA Negeri 4 Magelang yang mengalami penurunan terhadap skor pertumbuhan kemampuan literasi matematika dibandingkan tahun 2022 dengan persentase penurunannya sebesar 4,45%. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan metode ekspositori. Pengelolaan Intrinsic Cognitive Load dalam pembelajaran matematika tidak memadai, Extraneous Cognitive Load yang berlebihan, serta Germane Cognitive Load yang tidak dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, perlu adanya variasi pembelajaran matematika yang memfasilitasi peningkatan kemampuan literasi matematika secara optimal dan tidak membebani siswa secara kognitif.
Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan metode Concept Mapping berbasis Cognitive Load Theory dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan literasi matematika dengan metode Concept Mapping berbasis Cognitive Load Theory, menganalisis ada atau tidaknya peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang diajar dengan metode Concept Mapping berbasis Cognitive Load Theory dan siswa yang diajar dengan metode ekspositori, serta menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematika antara kedua metode tersebut.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar tes kemampuan literasi matematika. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes literasi matematika, dan dokumentasi. Teknik analisis data dibagi menjadi dua tahap, yaitu analisis data awal yang meliputi uji prasyarat dan uji kesamaan rerata serta analisis data akhir yang meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis penelitian.
22-UN57.U1-SPM-VI-2025 | MATEMATIKA DES E 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain