PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE CONCEPT MAPPING BERBASIS COGNITIVE LOAD THEORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA SMA

GALUH DWIAS DESILARSIH - Nama Orang;

Desilarsih, Galuh Dwias. 2025. “Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Concept Mapping Berbasis Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Arifta Nurjanah, M.Pd., Pembimbing II Rifki Hamdani, S.S.T., M.Si.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Concept Mapping, Cognitive Load Theory, Kemampuan Literasi Matematika.
Dari lima SMA negeri di Kota Magelang, hanya SMA Negeri 4 Magelang yang mengalami penurunan terhadap skor pertumbuhan kemampuan literasi matematika dibandingkan tahun 2022 dengan persentase penurunannya sebesar 4,45%. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan metode ekspositori. Pengelolaan Intrinsic Cognitive Load dalam pembelajaran matematika tidak memadai, Extraneous Cognitive Load yang berlebihan, serta Germane Cognitive Load yang tidak dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, perlu adanya variasi pembelajaran matematika yang memfasilitasi peningkatan kemampuan literasi matematika secara optimal dan tidak membebani siswa secara kognitif.
Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan metode Concept Mapping berbasis Cognitive Load Theory dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan literasi matematika dengan metode Concept Mapping berbasis Cognitive Load Theory, menganalisis ada atau tidaknya peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang diajar dengan metode Concept Mapping berbasis Cognitive Load Theory dan siswa yang diajar dengan metode ekspositori, serta menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematika antara kedua metode tersebut.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar tes kemampuan literasi matematika. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes literasi matematika, dan dokumentasi. Teknik analisis data dibagi menjadi dua tahap, yaitu analisis data awal yang meliputi uji prasyarat dan uji kesamaan rerata serta analisis data akhir yang meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis penelitian.


Ketersediaan
22-UN57.U1-SPM-VI-2025MATEMATIKA DES E 2025Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA DES E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;289HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik